Strategi Dalam Menghadapi Persaingan Usaha

By. Agung KB - 18 Dec 2023

Bagikan:

 img

Webplus.Id - Dalam dunia bisnis, persaingan akan selalu muncul. Tak peduli produk apa yang dijual atau bahkan pasarnya seperti apa karena memang hal tersebut adalah sesuatu yang alami. Oleh sebab itu, agar bisa menjadi pebisnis andal, maka perlu melakukan antisipasi sejak awal. Langkah antisipasi yang efektif, akan membuat bisnis mampu bersaing secara kompetitif hingga menjadi pemenang di market tersebut.

Baca juga: Ide Packaging Menarik Untuk Bisnis Makanan Ringan

Menghadapi persaingan usaha bisa menjadi tantangan bagi setiap pengusaha, terutama bagi UMKM yang memiliki keterbatasan modal dan sumber daya. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk menghadapi persaingan usaha:

1. Kenali kompetitor dan pelanggan

Dengan mengenali kompetitor, Anda bisa membuat strategi pemasaran yang memanfaatkan kelemahan pesaing. Selain itu, Anda juga dapat menilai setiap risiko ancaman yang datang dari pendatang baru dan pesaing saat ini. Dengan demikian, Anda bisa bersikap realistis tentang peluang kesuksesan bisnis Anda di tengah maraknya bisnis online saat ini. Selain itu, dengan mengenali pelanggan, Anda bisa menyesuaikan produk atau layanan yang Anda tawarkan dengan kebutuhan mereka.

2. Tetapkan harga yang kompetitif.

Menawarkan produk atau jasa dengan harga yang kompetitif dapat membantu Anda bersaing dengan pesaing yang lebih besar. Namun, pastikan bahwa harga yang Anda tetapkan masih menguntungkan bisnis Anda.

3. Tingkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.

Memberikan pelayanan yang baik dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan dapat membantu mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru.

4. Gali potensi ceruk pasar.

Cari tahu apakah ada pasar yang belum terpenuhi oleh pesaing Anda dan manfaatkan kesempatan ini untuk menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar tersebut.

5. Perkuat branding bisnis Anda.

Membangun merek yang kuat dapat membantu membedakan bisnis Anda dari pesaing dan menarik pelanggan yang lebih banyak.

Baca juga: Apa Perbedaan Perjanjian Bagi Hasil Dengan waralaba ?

Dalam menghadapi persaingan usaha, penting untuk selalu memperbarui strategi bisnis Anda dan beradaptasi dengan perubahan pasar. Dengan strategi yang tepat, UMKM dapat bersaing dengan pesaing yang lebih besar dan mempertahankan bisnis mereka di tengah persaingan yang ketat.

Baca juga: Menyulap Tanaman Hama Enceng Gondok Menjadi Peluang Bisnis




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp