Terkendala Kapal, Ekspor Produk UMKM Jateng Pakai Pesawat

By. Hanief - 18 Dec 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Ekspor produk-produk UMKM asal Jawa Tengah hingga kini masih terkendala penutupan akses jalur kapal laut ke sejumlah negara tujuan seiring pandemi Covid-19. Untuk mensiasati hal itu, ekspor ke sejumlah negara tujuan dilakukan dengan menggunakan pesawat kargo.

Penerbangan pertama pesawat kargo pengangkut produk UMKM itu dilaksanakan melalui Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis (13/1/2022). Sebanyak 6,3 ton produk perikanan dan album foto diekspor ke Singapura.

Baca juga : 2021, Ekspor Pertanian Jateng Capai Rp11,10 Triliun

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo mengatakan, penerbangan kargo perdana ini mengangkut 6,3 ton produk senilai Rp250 juta. Menurutnya, Singapura memang menjadi negara tujuan ekspor utama dua produk UMKM tersebut. 

Neraca ekspor nonmigas produk Jateng ke Singapura hingga Oktober 2021 mencapai 72 juta USD. Jika dibandingkan dengan periode tahun lalu tumbuh 20 persen kendati di masa pandemi.

“Produk unggulan ke Singapura banyak adalah furniture, garmen. Dari 10 besar itu kebanyakan produk industri pengolahan ada IKM. Untuk produk holtikultura dan perikanan nomor 10. Itu potensi. Ada juga potensi ekspor ke Singapura adalah alas kaki, barang dari kulit. Secara keseluruhan ekspor untuk alas kaki tumbuhnya bagus. Demikian pula dari kulit,” kata Muhammad Arif Sambodo.  

Baca juga : Jateng Buka Jalan Ekspor UKM Furnitur Lewat Expo Virtual

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra  mengatakan pihaknya siap memberikan layanan terbaik terkait penerbangan langsung khusus kargo Semarang-Singapura, di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Sebab setelah ditelusuri, banyak produk dari Semarang dan Jateng yang punya potensi ekspor. Salah satu tujuannya Singapura.

"Kami sangat menyambut baik ekspor dengan pesawat kargo ini," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya menggandeng PT Garuda Indonesia Indonesia (Persero) Tbk untuk mengembangkan produk UMKM dengan mengirimkannya sampai luar negeri. Pihaknya juga mengapresiasi PT Garuda Indonesia karena ada ruang yang disediakan khusus untuk produk UMKM asal Jateng. Itupun dengan ongkos yang didiskon.

“Perdana ini ke Singapura. Kita akan terus buka peluang dengan visibilitas bisnis yang ada seperti Tiongkok, Jepang, dan lainnya,” tandasnya.

Baca juga : Jateng Ekspor Produk Unggulan Rp343 M ke Berbagai Negara




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp