Ini Dia 5 Manfaat Digitalisasi UMKM

By. Teguh - 21 Dec 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Digitalisasi merupakan salah satu hal penting dalam bisnis, terutama bagi UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya. Undang-undang yang mengatur tentang UMKM adalah UU No. 20 Tahun 2008, didalamya dijelaskan bahwa UMKM adalah perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu.

Baca juga: 6 Manfaat QRIS untuk Bisnis

UMKM adalah tonggak penting perekonomian Indonesia dimana sekitar 99% usaha di Indonesia merupakan UMKM. Digitalisasi merupakan proses konveersi dari analog ke digital. Digitalisasi UMKM dapat membuat UMKM semakin berkembang dan dapat terus bertahan di era serba teknologi seperti saat ini. Berikut ini 5 manfaat digitalisasi UMKM.

1. Mampu beradaptasi dengan kondisi pasar

Digitalisasi UMKM dapat membuat mereka lebih mampu beradaptasi dengan kondisi pasar. Keputusan untuk memasarkan produk secara online merupakan bentuk adaptasi bisnis yang tepat.

2. Menghemat biaya promosi

Ada berbagai macam keuntungan yang didapatkan UMKM apabila mereka melakukan digitalisasi, diantaranya adalah dapat memangkas biaya promosi atau pemasaran. Pemasaran dapat dilakukan melalui berbagai jenis media sosial atau platform e-commerce yang tersedia.

Cara pemasaran tersebut dapat membantu pelaku bisnis kecil untuk tetap berkembang. Teknik promosi online dapat lebih hemat apabila dibandingkan dengan melakukan pemasaran secara konvensional.

3. Jangkauan pasar yang lebih luas

Digitalisasi dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Apabila sebelumnya UMKM hanya mendapat konsumen dari lingkungan sekitar, digitalisasi UMKM dapat membawa UMKM bertemu dengan konsumen dari berbagai daerah hingga keluar negeri.

Hal ini disebabkan karena pengguna smartphone dan internet sangat banyak sehingga potensi mendapatkan konsumen semakin banyak.

Baca juga: 5 Proses Dasar Pergudangan dalam Bisnis

4. Kemudahan melayani konsumen

Keuntungan lain yang diperoleh oleh UMKM dengan digitalisasi adalah dapat mudah dalam melayani konsumen meskipun dalam jarak jauh, penjual dan pelanggan dapat tetap bertransaksi jual beli dengan sangat mudah.

UMKM dapat menerima pesanan dan pembayaran kapan saja dari konsumennya. Hal tersebut tentu saja lebih efisien dalam segi waktu. Bisnis yang lebih produktif dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

5. Mengembangkan bisnis

Digitalisasi UMKM dapat membuat bisnis kecil dapat memiliki kesempatan untuk bersaing dengan kompetitor yang usahanya berskala besar. Produk UMKM yang masuk ke pasar digital dapat menjadi lebih dikenal oleh masyarakat sehingga potensi produk tersebut terjual juga semakin besar.

Itu tadi beberapa manfaat digitalisasi UMKM.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: 5 Cara Memulai Bisnis Produk Kecantikan Online




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp