10 Hidangan Khas Madura yang Sayang Tuk Dilewatkan

By. Eko Jt - 22 Dec 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Madura bukan hanya tentang keindahan alamnya, tetapi juga tentang ragam kuliner yang menggoda selera. Saat berada di Madura, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati hidangan-hidangan lokal yang akan memanjakan lidahmu. Berikut adalah 10 hidangan khas yang tidak boleh dilewatkan:

 

1. Sate Madura

 

Sate yang terkenal dari Madura ini terbuat dari ayam atau kambing dengan tambahan gajih dan kulit. Rasanya yang gurih dan manis, disajikan dengan saus kacang berbumbu petis yang unik.

 

Baca juga : 8 Hidangan Khas Sukabumi yang Tidak Bisa Dilewatkan

 

2. Soto Madura

 

Soto dengan kuah bening atau bumbu kacang, bergantung pada daerah asalnya. Di Pamekasan, soto dengan kuah bening sangat terkenal. Ada pilihan daging sapi atau ayam.

 

3. Nasi Serpang

 

Nasi serpang khas Bangkalan ini disajikan dengan beragam lauk, mulai dari kerang tumis pedas hingga pepes ikan tongkol, di dalam bungkusan daun pisang.

 

4. Bubur Manggul

 

Bubur ini terbuat dari tepung beras dan santan, disajikan dengan lontong, serundeng kelapa, dan sambal goreng udang di pagi hari.

 

5. Tajin Sobih

 

Bubur dari Desa Sobih ini menawarkan rasa gurih nan manis dengan empat macam isian, disajikan di atas daun pisang, dengan harga yang terjangkau.

 

Baca juga : 7 Tips Biar Jadi Reseller Makanan Kemasan yang Sukses

 

6. Lorjuk

 

Lorjuk adalah sajian kerang unik yang panjang dan hanya ditemukan di Madura, bisa diolah dengan digoreng, ditumis, dipepes, atau sebagai campuran soto dengan rasa gurih dan manis.

 

7. Topak Ladeh

 

Sup dari betis sapi yang disajikan dengan pelengkap seperti parutan pepaya muda, kacang panjang, daging sapi, jeroan, dan tambahan bubuk jagung manis.

 

8. Kaldu Kokot

 

Sup dari kaki sapi yang direbus dengan rempah-rempah, disajikan dengan kacang hijau dan lontong, menyajikan cita rasa yang khas.

 

9. Kue Apen

 

Jajanan khas Sumenep dari tepung beras, santan, kelapa, dan ragi, diberi topping saus gula merah dengan jahe dan kayu manis.

 

10. Loopis Emas

 

Baca juga : 5 Bisnis Makanan Ringan Serba 2000 yang Laris Manis

 

Kue beras ketan yang disajikan di atas daun pisang, ditaburi parutan kelapa dan larutan gula merah, dijual sejak pagi hingga sore hari.

 

Jelajahi dan rasakan kenikmatan kuliner dari Madura yang menghadirkan cita rasa autentik, menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat mengunjungi kawasan ini. Temukan kelezatan setiap hidangan yang telah menjadi bagian dari kekayaan kuliner Indonesia di Madura.

 




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp