Menu Sarapan yang Sebaiknya Dihindari untuk Kesehatan yang Lebih Baik

By. Eko Jt - 28 Dec 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Sarapan adalah waktu yang penting untuk memulai hari dengan energi dan gizi yang cukup. Namun, tidak semua makanan cocok untuk sarapan, dan beberapa menu sebaiknya dihindari agar kesehatan kita tetap terjaga. Berikut adalah lima menu yang sebaiknya dihindari saat sarapan. 

Baca juga: Bahaya Tidur Terlalu Lama yang Perlu Ketahui

1. Donat dan Kue Manis

Meskipun rasanya lezat, donat dan kue manis mengandung tinggi gula dan lemak trans. Gula berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, diikuti oleh penurunan tajam, yang dapat membuat cepat merasa lapar dan lelah.

2. Makanan Cepat Saji Berlemak Tinggi

Burger, kentang goreng, dan makanan cepat saji lainnya yang tinggi lemak jenuh sebaiknya dihindari. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Minuman Bersoda dan Berenergi

Minuman bersoda mengandung banyak gula tambahan dan kalori kosong. Begitu juga dengan minuman berenergi yang seringkali mengandung kadar gula yang tinggi dan bahan tambahan yang mungkin tidak baik untuk tubuh. Sebaiknya, pilih air putih atau jus buah alami.

Baca juga: Kol: Kekuatan Vitamin K dan Vitamin C Untuk Kesehatan

4. Roti Putih dan Sereal Rendah Serat

Roti putih dan sereal rendah serat cenderung memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Sebaliknya, pilih roti gandum utuh dan sereal yang tinggi serat untuk memberikan energi yang lebih tahan lama.

5. Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam seperti daging asin dan sosis dapat menyebabkan retensi air dan peningkatan tekanan darah. Pilihlah sumber protein yang lebih sehat seperti telur, yoghurt rendah lemak, atau almond.

Memilih menu sarapan yang sehat sangat penting untuk memulai hari dengan baik. Hindari makanan yang tinggi gula, lemak jenuh, dan garam berlebihan. Sebaliknya, pilih makanan yang kaya nutrisi untuk memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Zaitun yang Menggugah Selera dan Bergizi Tinggi

Dengan menghindari menu sarapan yang kurang sehat, dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan  secara keseluruhan. Jangan lupa untuk mencoba variasi menu sarapan yang sehat dan lezat untuk membuat rutinitas sarapan lebih menarik dan bergizi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu  membuat pilihan sarapan yang lebih baik.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp