Resep Membuat Bumbu Kacang pada Sate Ayam, Dijamin Nikmat !

By. Teguh - 02 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Sate ayam adalah menu favorit masyarakat Indonesia yang kerap dijumpai keberadaannya. Terlebih di momen tahun baru kemarin, sate ayam dapat menjadi sajian kuliner yang pas untuk dinikmati bersama teman maupun keluarga.

Nah, jika sobat kontenPedia berpikiran untuk mencoba membuat sate ayam di rumah. Berikut adalah bahan dan panduan membuat bumbu sate ayam, dikutip dari suara.com : 

Baca juga : Yummy, Sedapnya Sate Ayam ala Jepang ! Wajib Coba

Bahan Bumbu Sate Ayam

Bahan yang harus Anda siapkan adalah sebagai berikut:

200 gram kacang tanah

5 siung bawah putih

5 siung bawang merah

7 buah cabe besar

1 sendok teh garam

1/2 sendok teh merica bubuk

2 sendok makan gula

1 liter air

Baca juga : Daftar Tren Resep Masakan Paling Laris di Google Tahun 2021

Cara membuat Bumbu Kacang Sate Ayam : 

Siapkan wajan, kemudian panaskan sedikit minyak. Setelah cukup panas, masukkan 200 gram kacang tanah ke dalamnya, 5 siung bawang putih yang sudah diiris, 5 siung bawang merah yang juga sudah diiris, dan 7 buah cabe merah besar yang sudah dibuang bijinya, lalu goreng sampai berwarna kecoklatan.

Tiriskan setelah semua bumbu layu dan dinginkan sejenak sebelum masuk ke proses penghalusan. Setelah semua bahan dingin, haluskan. Bisa menggunakan food chopper atau ulekan tradisional.

Tambahkan 500 ml air ke dalam bahan campuran kacang dan bumbu lain, haluskan sampai lembut tapi masih bertekstur. Tuang bumbu ke dalam panci, kemudian bersihkan tempat menghaluskan bumbu sate tadi dengan air sebanyak 500 ml. Masukkan semuanya ke dalam panci yang sama.

Masak menggunakan api kecil hingga mendidih. Tambahkan 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, 2 sendok makan gula pasir, lalu aduk dan masak hingga mengeluarkan minyak.

Matikan api jika sudah muncul minyak pada adonan bumbu tersebut. Dinginkan, bumbu sate akhirnya siap dikombinasikan dengan kecap, jeruk, dan sate yang sudah disiapkan. Selamat mencoba ya Sob !

Baca juga : Resep Sayur Sambal Godog Dengan Kuah Gurih




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp