10 Kelezatan Kuliner Khas Purwodadi yang Sayang Tuk Dilewatkan

By. Agung KB - 03 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Purwodadi, sebuah destinasi di tengah perjalanan antara Semarang dan Surabaya, bukan hanya menawarkan keindahan alamnya. Kota ini juga terkenal dengan deretan kuliner khasnya yang menggoda lidah, tanpa harus membuat kantong jebol. Berikut beberapa makanan khas Grobogan yang patut kamu cicipi saat singgah di Purwodadi:

Baca Juga: 8 Makanan Khas Lombok yang Sayang Tuk Dilewatkan

1. Sayur Becek

Rasakan keunikan Sayur Becek, olahan iga sapi atau kerbau dengan kuah rempahnya yang gurih, segar, dan sedikit pedas. Hidangan ini disajikan bersama nasi, mengundang penasaran dengan rasa yang tak ada duanya, hanya dengan harga 25 ribu rupiah per porsi.

2. Ayam Pencok

Nikmati Ayam Pencok dengan sambal pencok dari kelapa muda parut yang memberikan rasa yang unik pada olahan ayam panggangnya. Olahan unik ini bisa kamu temukan di Desa Kuwu dengan harga 35 - 45 ribuan.

3. Mi Tek-tek

Cobalah Mi Tek-tek khas Purwodadi yang disajikan pada malam hari dengan cara memasak menggunakan arang. Mi ini menjadi pelengkap sempurna untuk sate ayam bakar.

4. Soto Purwodadi

Soto dengan keunikan tersendiri, disajikan dengan potongan sayuran dan nasi tanpa tambahan daging, memberikan kesan soto yang segar dan sehat. Kamu juga bisa menambahkan menu ayam goreng kampung untuk menikmati soto yang semakin lezat.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Padang yang Lezat, No 1 Sudah Mendunia

5. Swike Khas Purwodadi

Swike, olahan daging kodok yang cukup kontroversial, namun populer di Purwodadi. Nikmati olahan ekstrem ini di berbagai rumah makan dengan harga yang bervariasi.

6. Nasi Pager Godong

Sego Pager, dinikmati dari daun pisang dengan urap sayur yang tak terlupakan, disajikan dengan lauk pelengkap seperti mendoan, peyek, bakwan, dan teh hangat.

7. Nasi Jagung

Pilihan ideal bagi mereka yang berdiet. Nasi Jagung terbuat dari tepung jagung yang dikukus, disajikan dengan berbagai lauk pauk dengan harga yang terjangkau, hanya 7 ribu rupiah per porsi.

8. Yangko Khas Purwodadi

Yangko, kudapan tradisional dari tepung ketan dengan isi campuran gula merah dan kacang, dibungkus dengan daun. Cocok untuk oleh-oleh khas Purwodadi.

9. Sega Pecel Gambringan

Nasi pecel dengan bumbu kacang berkesan lebih pedas, cocok sebagai pengganjal perut setelah perjalanan yang panjang.

10. Garang Asem

Garang Asem, olahan daging ayam kampung dengan kuah asam yang unik dari bumbu khas Purwodadi. Menjadi daya tarik utama bagi wisatawan, dijual seharga 30 ribuan per porsinya.

Ada begitu banyak pilihan makanan khas Purwodadi yang menarik untuk dicicipi. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner lokal saat singgah di Purwodadi, dari yang simpel, sehat, hingga yang ekstrem seperti Swike. Bagaimana, berani mencoba?

Baca Juga: Ini Dia 3 Makanan Khas Suku Batak yang Kental dengan Budaya




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp