7 Rekomendasi Kuliner Khas Pati yang Sayang Tuk Dilewatkan

By. Agung KB - 03 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Pati, tak hanya menawarkan keindahan alam dan budaya, tetapi juga kelezatan kuliner yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan kuliner. Dari Soto Kemiri hingga Sayur Tempe Semangit Pedas, Pati menyuguhkan ragam masakan lezat yang menggoda selera. Ingin tahu lebih detail? Mari simak beberapa rekomendasi makanan khas Pati yang tak boleh terlewatkan.

Baca Juga: 8 Makanan Khas Lombok yang Sayang Tuk Dilewatkan

1. Soto Kemiri

Soto Kemiri adalah makanan khas Pati dengan sejarah unik. Menggunakan bumbu kemiri sebagai campuran kuah soto, hidangan ini terdiri dari kecambah, tauge, seledri, bawang goreng, dan suwiran ayam dengan kuah santan berbumbu kemiri yang unik.

2. Mangut Kepala Manyung

Bagi pecinta rasa pedas, Mangut Kepala Manyung adalah pilihan yang tepat. Menggunakan kepala ikan manyung diasap sebagai bahan utama, hidangan ini memiliki kuah santan kuning yang lezat dengan bumbu rempah yang menghadirkan kenikmatan tak terlupakan.

3. Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan seporsi nasi putih dengan hidangan empal atau daging sapi bumbu bacem serta kuah gurih yang melimpah. Namanya berasal dari kebiasaan pedagang zaman dulu yang suka menggantung dagangannya, menjadikannya warisan lezat dari Pati.

Baca Juga: 8 Makanan Khas Lombok yang Sayang Tuk Dilewatkan

4. Sego Tewel

Di atas daun jati, Sego Tewel disajikan bersama sayur lodeh nikmat. Makanan ini sederhana namun lezat, bisa ditemukan di warung-warung nasi daerah Tambakromo.

5. Sayur Mrico

Sego Mrico menawarkan perpaduan rasa pedas dan asam yang sempurna. Kuah asam pedas dengan potongan ikan manyung pada nasi putih akan memanjakan lidahmu. Tambahkan ketimun atau labu putih untuk pengalaman rasa yang lebih lengkap.

6. Petis Runting

Petis Runting, mirip tengkleng atau gulai, namun dengan kuah yang lebih kental. Daging atau lemak kambing direbus dengan racikan bumbu dan tepung beras, disajikan dengan kuah melimpah. Tambahkan campuran kecap, cabai, dan bawang sesuai selera.

7. Sayur Tempe Semangit Pedas

Makanan ini terdiri dari tempe berwarna kuning atau semanggit dengan tambahan tahu, udang, dan cabai rawit. Kuah kuning yang pedas, empuk, dan lembut cocok dinikmati dengan nasi hangat dan gorengan yang renyah.

Itu dia kuliner khas Pati yang wajib kamu coba. Segera rencanakan perjalananmu kesana dan jangan lupa untuk mencicipi satu dari banyaknya makanan khas Pati yang melegenda. Selamat berlibur!!

Baca Juga: Ini Dia 3 Makanan Khas Suku Batak yang Kental dengan Budaya




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp