8 Tips Memulai Bisnis Perlengkapan Sekolah

By. Teguh - 03 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Peluang bisnis peralatan sekolah cukup besar karena perlengkapan sekolah merupakan produk yang dibutuhkan masyarakat terutama untuk keluarga yang memiliki anak yang sedang bersekolah. Saat ini pemerintah mencanangkan sekolah gratis selama 12 tahun, sehingga setiap peserta didik pasti membutuhkan perlengkapan sekolah untuk bersekolah. Fakta tersebut sudah cukup untuk meyakinkan anda bahwa menjalankan bisnis pada bidang ini memiliki prospek yang cukup bagus. Berikut ini 8 tips memulai bisnis perlengkapan sekolah.

Baca juga: 4 Peluang Usaha yang Berkembang Dimasa Mendatang

1. Melakukan analisa bisnis

Sebelum menjalankan usaha, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai peluang dari usaha tersebut sehingga dapat dipastikan bahwa bisnis yang dijalankan tidak akan sia-sia nantinya.

2. Menentukan lokasi

Lokasi yang strategis menjadi salah satu kunci dlam menjalankan usaha perlengkapan sekolah. Lokasi yang strategi membuat orang lain dapat melihat dan mengetahui toko anda sehingga toko anda dikenal oleh banyak orang.

Apabila toko anda dikenal oleh banyak orang maka besar kemungknan toko anda akan menjadi rujukan bagi setiap orang tua atau peserta didik yang membutuhkan perlengkapan sekolah.

3. Menjalin kerjasama dengan produsen

Menjalin kerjasama dengan produsen diperlukan untuk menjamin pasokan barang ke toko perlengkapan sekolah, sehingga pasokan barang akan stabil dan harga dari produk yang dijual bisa lebih rendah dari biasanya.

4. Menjalin kerjasama dengan sekolah

Menjalin kerjasama dengan sekolah juga penting untuk dilakukan. Sekolah biasanya telah menyediakan koperasi sekolah untuk berjualan seragam dan perlengkapan sekolah lainnya sehingga anda bisa menjalin kerjasama untuk menjadi pemasok barang di sekolah tersebut.

Baca juga: 4 Langkah Perencanaan Keuangan Bisnis Perusahaan

5. Promosi secara maksimal

Hal penting yang perlu dilakukan dalam menjalankan bisnis adalah promosi. Promosi dapat dilakukan agar toko dan produk perlengkapan sekolah yang dijual lebih dikenal oleh banyak orang.

Promosi dapat dilakukan muali dari mulut ke mulut, menggunakan brosur, serta memanfaatkan media online. Promosi dapat dilakukan dengan membuat penawaran menarik seperti diskon dan harga promo agar masyarakat lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

6. Menjual perlengkapan sekolah online

Menjual perlengkapan sekolah juga dapat dilakukan secara online untuk memaksimalkan cara penjualan. Berjualan secara online harus memberikan foto-foto peralatan sekolah yang menarik dan bervariasi untuk menarik minat pelanggan.

7. Melengkapi produk

Produk yang lengkap dapat menarik minat pelanggan. Meskipun toko perlengkapan sekolah tidah besar, tetapi usahakan agar produk yang dijual tersedia secara lengkap. Isi toko dengan pelengkapan sekolah yang lengkap meskipun dengan kuantitas yang tidak terlalu banyak.

8. Memberikan pelayanan terbaik

Pelayanan terbaik, ramah, dan cepat akan memberikan nilai tambah pada bisnis yang dijalankan. Pembeli akan merasa nyaman untuk berbelanja perlengkapan sekolah di toko anda.

Itu tadi beberapa tips memulai bisnis perlengkapan sekolah.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: 6 Jenis Badan Usaha yang Banyak Terutama di Indonesia




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp