4 Hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

By. Teguh - 03 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Saat ini memulai bisnis terasa lebih mudah untuk dilakukan. Adanya smartphone dan koneksi internet yang stabil, siapapun dapat menggunakan platform marketplace untuk menjual barang ataupun jasa secara online. Namun, kemudahan yang dapat dimanfaatkan tersebut belum menjamin keberlangsungan atau kesuksesan bisnis yang baru dibangun. Berikut ini 4 hal yang harus dihindari saat memulai bisnis.

Baca juga: 8 Tips Memulai Bisnis Perlengkapan Sekolah

1. Merasa sudah memiliki cukup pengetahuan seputar bisnis

Proses belajar tidak hanya berhenti sampai institusi pendidikan, dalam kehidupan sehari-hari kita akan terus belajar, terutama dalam memulai bisnis. Banyak hal yang perlu diketahui sebagai persiapan untuk membangun usaha, mulai dari memahami proses produksi hingga pada strategi pemasaran produk.

Ketika mempertahankan dan mengembangkan usaha juga masih membutuhkan belajar. Pengetahuan mengenai bisnis bisa didapatkan dimana saja, mulai dari membaca buku, mengikuti workshop, dan masih banyak lainnya.

2. Salah memilih rekan kerja

Memulai bisnis dengan orang yang kita percaya dapat membuat banyak hal akan terasa lebih mudah untuk dilakukan. Apalagi bisnis tidak selalu berjalan lancar. 

Saat hal ini terjadi, kamu dan partner bisnismu tentunya harus dapat mendukung dan memotivasi satu sama lain. Memilih partner yang tepat menjadi sangat penting untuk menghindari kerugian materi dan memastikan keberlangsungan bisnis yang dibangun.

Baca juga: 4 Peluang Usaha yang Berkembang Dimasa Mendatang

3. Melakukan semuanya seorang diri

Saat pekerjaan yang dipegang sebagai business owner semakin banyak, maka sudah saatnya mempercayakan orang lain untuk dapat membantu. Mempercayakan beberapa pekerjaan kepada orang yang dipekerjakan sesuai dengan kapasitas mereka.

4. Mencampur keuangan pribadi dan bisnis

Memulai bisnis membutuhkan banyak dana. Bisnis yang kecil biasanya masih banyak menggunakan uang pribadi sebagai modal usaha, kemudian mencampur keuntungan yang diterima ke rekening pribadi.

Namun ketika bisnis yang kamu jalankan semakin besar, maka kamu tidak dapat melakukan hal ini lagi. Kamu harus memisahkan keuangan untuk kebutuhan bisnis dan kebutuhan pribadi, sehingga kamu dapat memantau perkembangan bisnis yang kamu jalankan serta mengukur keuntungan yang diraih.

Itu tadi beberapa hal yang harus dihindari saat memulai bisnis.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: 4 Langkah Perencanaan Keuangan Bisnis Perusahaan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp