Ini Dia 3 Manfaat Digitalisasi Bisnis

By. Teguh - 03 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap dunia bisnis. Kemajuan teknologi mendorong terjadinya digitalisasi bisnis. Digitalisasi bisnis merupakan integrasi teknologi yang mengubah cara bisnis beroperasi di berbagai bidang, layanan, dan saluran pemasaran dengan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. Digitalisasi bisnis dapat meningkatkan efisiensi proses, konsistensi, dan kualitas bisnis. Berikut ini adalah 3 manfaat digitalisasi bisnis.

Baca juga: 8 Tips Memulai Bisnis Perlengkapan Sekolah

1. Hemat biaya

Bisnis konvensional membutuhkan banyak biaya meliputi biaya sewa toko atau gedung kantor, biaya listrik, dan biaya lainnya. Hal ini sangat berbeda dengan bisnis digital yang tidak menggunakan kantor fisik, tetapi menggunakan kantor virtual.

Kamu tidak perlu untuk mengeluarkan biaya sewa yang tinggi ataupun biaya yang lainnya. Seluruh biaya yang dikeluarkan untuk sewa toko dapat dialihkan untuk membangun bisnis menjadi lebih modern.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk meningkatkan promosi produk. Promosi yang dilakukan dapat menyebabkan lebih banyak orang mengetahui bisnis kamu, yang berarti bahwa potensi keuntungan yang kamu peroleh juga akan semakin besar.

Baca juga: 4 Peluang Usaha yang Berkembang Dimasa Mendatang

2. Memangkas waktu

Sistem kerja berbasis online dapat memungkinkan kamu untuk berbagi dokumen dan pekerjaan apapun dalam jaringan internet., sehingga kamu tidak perlu mengantarkan satu dokumen ke divisi lain atau menjual produk secara door to door.

Pemanfaatan sistem cloud dapat membuat semua berkas bisa diteruskan pada pihak lain sesuai kebutuhan. Kamu dapat juga memantau toko online dan menerima serta memproses pesanan secara virtual, bahkan untuk pengiriman barang, kamu tidak perlu untuk keluar rumah karena kurir akan datang menjemput paketmu.

Kamu dapat menghemat banyak waktu dalam mengelola bisnis sehingga kamu dapat manfaatkan waktu yang ada untuk hal berguna lainnya.

3. Kemudahan bagi pelanggan

Digitalisasi bisnis tidak hanya menguntungkan pebisnis, dilain sisi pelanggan juga dimudahkan. Pelanggan yang mempunyai kesibukan tinggi akan memilih membeli kebutuhan dengan membeli produk secara online karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Itu tadi 3 manfaat digitalisasi bisnis.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: 4 Langkah Perencanaan Keuangan Bisnis Perusahaan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp