5 Kelebihan Bisnis Online dari Bisnis Offline

By. Teguh - 03 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat didukung dengan semakin mudah dan murahnya akses internet untuk berkomunikasi dapat berjalan tanpa hambatan ruang dan waktu. Hal ini yang pada akhirnya mendorong munculnya bisnis online.

Bisnis online dapat dijalankan oleh siapapun baik yang memiliki modal besar maupun yang tidak masih dapat meraih keuntungan dari bisnis online. Produk yang ditawarkan pada bisnis online tidak hanya dapat dilihat oleh pembeli disekitar wilayah anda, tetapi juga dapat dikenal luas, bahkan lintas negara. Berikut ini 5 kelebihan bisnis online dibandingkan dengan bisnis offline.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

1. Menjalankan bisnis tanpa dibatasi ruang dan waktu

Bisnis online dapat dijalankan saat berada dimanapun dan kapanpun. Saat sedang melakukan perjalanan, bisnis online masih tetap bisa dijalankan.

2. Modal yang relatif rendah

Memulai bisnis online dapat dilakukan dengan modal yang relative rendah. Anda dapat memulai dengan menjadi reseller ataupun dropshipper terlebih dahulu.

Tanpa memiliki stok barang dalam gudang, anda masih tetap dapat menjual produk. Bisnis online berbeda dengan bisnis offline yang harus memikirkan stok, sewa tempat, banyak biaya operasional lainnya.

3. Promosi mudah

Promosi dapat dilakukan melalui berbagai macam media sosial seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram.

Baca juga: 8 Tips Memulai Bisnis Perlengkapan Sekolah

4. Terbukanya peluang usaha baru

Bisnis online yang dijalankan memungkinkan anda untuk bertemu dengan banyak pelanggan, supplier, atau komunitas. Hubungan tersebut tidak menutup kemungkinan akan membuka peluang usaha baru yang sebelumnya tidak terpikirkan dan tidak anda perkirakan.

5. Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja

Bisnis online juga dapat dijalankan sendiri. Namun apabila bisnis yang dijalankan semakin berkembang, tentunya anda akan membutuhkan seseorang untuk membantu anda mengelola bisnis anda seperti seorang admin.

Bisnis online dapat anda mulai sebagai usaha sampingan dan juga sebagai sarana pembelajaran bagi anda untuk menekuni usaha tersebut, namun perlu diingat bahwa tidak ada usaha tanpa risiko. Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai risiko sebelum memutuskan untuk memulai bisnis online.

Itu tadi beberapa kelebihan bisnis online dibandingkan dengan bisnis offline.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: 4 Peluang Usaha yang Berkembang Dimasa Mendatang




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp