5 Klasifikasi Memilih Kemasan

By. Syaiful Wahyu - 03 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Pemilihan bahan dalam pengemasan disesuaikan dengan jenis produk yang akan kita hasilkan. Apakah produk tersebut termasuk olahan basah, kering, atau lainnya. Pengemasan yang baik tentu akan meningkatkan estetika produk, sehingga konsumen tertarik untuk membelinya. Selain itu juga dapat menjaga kualitas suatu produk dari udara luar yang menyebabkan produk cepat basi, kotor, dan mlempem.

Ragam kemasan makanan tradisional yang sering dijumpai seperti kemasan dengan menggunakan daun pisang, kelobot jagung (pelepah daun jagung), daun kelapa/enau (aren), daun jambu air dan daun jati. Sedangkan secara modern, jenis bahan kemasan dapat berupa kertas, alumunium foil, film, dan plastik.

Baca juga : Macam-Macam Bahan Kemasan

Kemasan dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal atau beberapa cara yaitu sebagai berikut :

1. Klasifikasi kemasan berdasarkan struktur sistem kemas :

a. Kemasan primer yaitu kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk yang di bungkusnya.

b. Kemasan sekunder, yang tidak bersentuhan langsung dengan produknya akan tetapi membungkus produk yang telah dikemas dengan kemasan primer,

c. Kemasar tersier dan kuartener yaitu kemasan untuk mengemas setelah kemasan primer atau sekunder.

2. Klasifikasi kemasan berdasarkan frekuensi pemakaian:

a. Kemasan sekali pakai (disposable) yaitu kemasan yang langsung dibuang setelah dipakai, contoh : kemasan produk instant, permen, mie instan,

b. Kemasan yang dapat dipakai berulangkali (multitrip) dan biasanya dikembalikan ke produsen, contoh : botol minuman, botol kecap, botol sirup.

c. Kemasan atau wadah yang tidak dibuang atau dikembalikan oleh konsumen (semi disposable), tapi digunakan untuk kepentingan lain oleh konsumen, contoh : botol minum, kaleng susu dan kaleng biscuit.

3. Klasifikasi kemasan berdasarkan sifat kekakuan bahan kemasan :

Baca juga : 7 Tantangan Bisnis Saus Sambal Kemasan

a. Kemasan fleksibel yaitu bahan kemasan yang mudah dilenturkan tanpa adanya retak atau patah, Contoh : plastik, kertas dan foil.

b. Kemasan kaku yaitu bahan kemas yang bersifat keras, kaku, tidak lentur, patah bila dibengkokkan relatif lebih tebal dari kemasan fleksibel, contoh : kayu, gelas dan logam.

c. Kemasan semi kaku/semi fleksibel yaitu bahan kemas yan memiliki sifat-sifat antara kemasan fleksibel dan kemasan kaku, contoh : botol plastik (susu, kecap, saus), dan wadah bahan yang berbentuk pasta.

4. Klasifikasi kemasan berdasarkan sifat perlindungan terhadap lingkungan :

a. Kemasan hermetis (tahan uap dan gas) yaitu kemasan yang secara sempurna tidak dapat dilalui oleh gas, udara atau uap air sehingga selama masih hermetis wadah ini tidak dapat dilalui oleh bakteri, kapang, ragi dan debu, contoh : kaleng, botol gelas yang ditutup secara hermetic.

b. Kemasan tahan cahaya yaitu wadah yang tidak bersifat transparan, contoh : kemasan logam, kertas dan foil. Kemasan ini cocok untuk bahan pangan yang mengandung lemak dan vitamin yang tinggi, serta makanan hasil fermentasi,

c. Kemasan tahan suhu tinggi, yaitu kemasan untuk bahan yang memerlukan proses pemanasan, pasteurisasi dan sterilisasi. Umumnya terbuat dari logam dan gelas.

5. Klasifikasi kemasan berdasarkan tingkat kesiapan pakai (perakitan) :

a. Kemasan siap pakai yaitu bahan kemasan yang siap untuk diisi dengan bentuk yang telah sempurna, contoh : botol, wadah kaleng dan sebagainya.

b. Wadah siap dirakit / wadah lipatan yaitu kemasan yang masih memerlukan tahap perakitan sebelum diisi, contoh : kaleng dalam bentuk lembaran (flat) dan silinder fleksibel, wadah yang terbuat dari kertas, foil atau plastik.

Klasifikasi kemasan merupakan pilihan yang sangat bermanfaat, maka perlu sekali untuk kita bersama-sama membagikan artikel ini untuk pengetahuan bersama, warung hijau menunggu kritik dan saran artikel ini dan ditunggu like, share dan komen kalian.

Baca juga : Pelajari Ide Usaha Sambal Kemasan dan Estimasi Keuntungannya




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp