webplus.id - Meningkatkan jumlah leads bagi bisnis startup sudah merupakan hal yang wajib dan menjadi keharusan agar startup tetap bisa bertahan lama. Leads merupakan calon konsumen potensial yang akan membantu bisnis startup untuk bisa terus berkembang secara terus menerus. Berikut ini beberapa tips peningkatan generation leads dalam sebuah bisnis startup:
Baca juga: 4 Tips Sukses dalam Menggaet Investor untuk Kemajuan Startup
Melakukan branding secara optimal
Kuantitas pesaing yang cukup banyak tidak akan berpengaruh jika dilawan dengan brand yang kuat.
Itulah mengapa proses branding di sini diletakkan pada poin pertama.
Branding menurut Kotler (2009) adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari kesemuanya.
Seluruh hal ini dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing.
Karena kelengkapan aspek yang dijangkau, sudah tentu bisnis dengan proses branding yang baik akan mendapatkan tempat di hati konsumen kapanpun itu.
Meningkatkan Opt-in pada website
Opt-in merupakan metode yang digunakan untuk menambah lead contact dengan melakukan registrasi email.
Email para leads ini nantinya akan masuk ke dalam daftar email marketing dan mendapat berbagai informasi dari bisnis Anda.
Dengan metode ini, materi promo yang Anda buat akan sampai pada orang yang tepat.
Ini karena opt-in biasanya diisi oleh orang-orang yang sukarela memberikan alamat emailnya karena memang tertarik dengan penawaran bisnis Anda.
Selain itu, opt-in memiliki keamanan serta mekanisme pendaftaran yang tidak sembarangan.
Baca juga: 5 Kesalahan yang Membuat Gagal dalam Bisnis Startup
Ikuti forum diskusi dan adakan webinar
Belajar merupakan proses yang dilakukan terus menerus, termasuk ketika Anda telah membangun sebuah bisnis.
Jika Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk mengikuti berbagai kelas, forum diskusi adalah tempat yang tepat untuk bertukar pikiran.
Berbagai forum online seperti Kaskus, IDFL, grup Facebook dan berbagai tempat lainnya dapat menjadi wadah untuk melihat dan mendapatkan ide baru untuk bisnis Anda.
Setelah mendapatkan cukup ilmu, Anda bisa mengaplikasikan ilmu tersebut di bisnis yang Anda jalani, bahkan Anda bisa berbagi ilmu dengan orang lain.
Adakan webinar untuk menunjukkan kemampuan Anda pada bidang yang digeluti.
Mengaktifkan media sosial
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda bisa melakukan pendekatan dengan leads lewat media sosial.
Jangkaulah para leads dengan mengikuti kegiatan sehari-hari dan berada dekat dengan mereka.
Menurut “Digital Around The World 2019”, dari 268 juta penduduk Indonesia, ada lebih dari 150 juta orang yang menggunakan media sosial setiap harinya.
Mereka menghabiskan waktu rata-rata 3 jam 26 menit untuk mengakses media sosial baik itu Facebook, Twitter, WhatsApp, Pinterest dan sejenisnya.
Lewat platform tersebut, Anda bisa menarik leads dengan mendeteksi kesukaan dan keseharian mereka dengan mudah di media sosial.
Itu dia empat tips meningkatkan generation leads bagi bisnis startup. (Theo Adi)