Tahapan Dan Biaya Izin BPOM MD

By. Syaiful Wahyu - 08 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Untuk melakukan proses pengajuan perizinan edar BPOM MD, selain persaratan yang sudah ditentukan, ada beberapa tahap dan kewajiban biaa ang harus ditanggung oleh pihak yang mengajuan. Beberapa tahapan proses dalam pengajuan izin edar BPOM MD yaitu sebagai berikut :

Baca juga : Izin Edar Pangan Industri Rumah Tangga

1. Pendaftar mengajukan permohonan pendaftaran secara tertulis dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan data pendaftaran serta data pendukung.

a. Pengisian formulir Pendaftaran Pangan Olahan harus menggunakan bahasa Indonesia.

b. Data pendaftaran dan data pendukung dapat menggunakan bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

2. Pendaftar menyerahkan permohonan sebanyak 2 (dua) rangkap (asli dan fotokopi) kepada Kepala Badan cq Direktur.

3. Pemeriksaan terhadap permohonan pendaftaran sesuai dengan kriteria, persyaratan dan penetapan biaya evaluasi.

4. Hasil pemeriksaan dokumen dapat berupa:

a. Diterima untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut.

b. Dikembalikan untuk dilengkapi.

c. Ditolak.

5. Jika hasil pemeriksaan dinyatakan diterima untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut, maka pendaftar diberikan surat pengantar pembayaran bank yang mencantumkan biaya evaluasi dan pendaftaran yang harus dibayar sebagai penerimaan negara bukan pajak.

6. Perusahaan harus melakukan pembayaran bank sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan, paling lama 10 (sepuluh) hari sejak diterimanya surat pengantar pembayaran bank.

7. Pendaftar menyerahkan permohonan pendaftaran yang telah dilengkapi dengan bukti pembayaran biaya evaluasi dan pendaftaran dari bank kepada Kepala Badan cq. Direktur untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut, penyerahan dilaksanakan paling lama 10 (sepuluh) hari sejak surat pengantar pembayaran bank diberikan kepada pendaftar.

8. Hasil evaluasi lebih lanjut dapat berupa :

a. Persetujuan pendaftaran.

b. Penolakan pendaftaran.

9. Jika hasil evaluasi lebih lanjut memerlukan tambahan data dan/atau kajian lebih lanjut maka diterbitkan surat permintaan tambahan data.

10. Pendaftar harus menyerahkan tambahan data paling lambat 50 (lima puluh) hari setelah tanggal surat permintaan tambahan data.

11. Jika waktu 50 (lima puluh) hari periode penyerahan tambahan data dianggap tidak mencukupi, pendaftar dapat mengajukan permintaan perpanjangan waktu untuk melengkapi tambahan data kepada Direktur paling banyak 1 (satu) kali untuk waktu 25 (dua puluh lima) hari.

12. Pendaftar yang tidak menyerahkan tambahan data dalam waktu 50 (lima puluh) hari dan/atau 25 (dua puluh lima) hari, akan diberikan surat penolakan pendaftaran dan berkas permohonan akan dimusnahkan.

13. Jika hasil keputusan berupa persetujuan pendaftaran, maka diterbitkan Izin Edar Pangan Olahan.

14. Jika hasil keputusan berupa penolakan pendaftaran, maka diterbitkan surat penolakan disertai dengan alasan penolakan.

Baca juga : Perbedaan P-IRT dengan BPOM

Berikut merupakan tahapan proses pengajuan izin edar BPOM MD yang sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini, selain melakukan tahapan-tahapan tersebut juga disetiap pengajuan akan di pungut biaya, berikut biaya dan ketentuan pembayaran pangajuan izin edar BPOM MD :

1. Permohonan Pendaftaran Pangan Olahan dalam rangka evaluasi untuk mendapatkan Izin Edar BPOM MD atau perubahan data Pangan Olahan dikenai biaya sebagai penerimaan negara bukan pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Jika permohonan ditolak, maka biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

3. Tata cara pembayaran dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan.

4. Terdapat retribusi sesuai peraturan Pendapatan Nasional Bukan Pajak untuk BPOM.

5. Selain retribusi sertifikasi, pemohon juga perlu menanggung biaya konsultan pendamping proses sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP) dan biaya sertifikasi GMP. Biaya ini bervariasi tergantung menggunakan jasa pendampingan dari konsultan mana dan sertifikasi dimana. Untuk kisaran, biaya sertifikasi GMP sekitar Rp 8-10 juta, sementara biaya konsultan pendamping sekitar Rp 20-30 juta.

6. Terdapat pula biaya renovasi tempat produksi agar sesuai dengan standar GMP. Hal ini juga bervariasi tergantung kondisi asal tempat produksi dan instalasi peralatan produksi. Perencanaan yang baik dapat membantu menekan resiko pembengkakan biaya renovasi.

Berikut merupakan tahapan proses pengajuan izin edar BPOM MD dan ketentuan pembayaran izin edar BPOM MD sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini. Dengan besarnya manfaat yang begitu luarbiasa guna untuk jaminan kualitas suatu produk yang di pasarkan maka besaran biaya dan ketatnya prosedur pengajuan izin edar BPOM MD ini sangat sebanding dan sangat bermanfaat.

Dikarenakan pengetahuan dalam proses perizinan sangat bermanfaat bagi seluruh masarakat baik sebagai produsen maupun konsumen maka perlu sekali kita bersama-sama untuk share, like daan komen artikel ini dan tidak kalah pentingna untuk kritik dan saran.

Baca juga : Izin Edan BPOM MD




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp