Ini Dia ! 5 Fakta Menarik Keripik Kentang

By. Agung KB - 11 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id – Berdasarkan SNI 01-4031-1996, keripik kentang adalah makanan yang dibuat dari kentang segar berbentuk irisan tipis yang digoreng dengan penambahan bahan makanan atau tanpa bahan tambahan makanan lain yang diijinkan. Keripik kentang sudah dikenal oleh umum, walaupun produk olahan makanan ringan dari umbi kentang ini asal usulnya bukan berasal asli Indonesia, namun telah banyak dikembangkan oleh produsen lokal Indonesia dan konsumennya bukan hanya dari domestik saja tetapi sudah mencapai pasar Internasional. Namun sudahkah anda tahu tentang fakta-fakta keripik kentang berikut ini ?

 

Baca juga : Ini Dia ! 5 Manfaat Mengunyah Permen Karet

 

1. Keripik Kentang Dibuat Secara Tidak Sengaja

Penemu keripik kentang adalah George Crum, pria keturunan Afrika-Amerika yang juga penduduk asli Amerika. Dia bekerja sebagai koki di Moon Lake Lodge, sebuah resor elegan di Saratoga Springs, New York.

Suatu waktu dia mendapatkan keluhan dari pelanggan tentang kentang goreng yang tebal dan basah. Crum kemudian membuat sajian baru dengan mengiris tipis kentang kemudian menggorengnya sampai kentang benar-benar renyah. Untuk melengkapi rasa, keripik kentang kemudian dibubuhi garam. Sejak saat itu keripik kentang akhirnya menjadi benar-benar populer dan menjadi salah satu camilan baru yang sangat diminati.

 

2. Keripik Kentang Tidak Pernah Dipatenkan

Crum kemudian meraih kesuksesan dengan penemuannya tersebut dan bahkan membuka restoran sendiri pada tahun 1860 yang disebut dengan Crumbs House. Keranjang berisi keripik kentang yang disajikan di setiap meja tentu saja membuat para pelanggan senang dan tertarik untuk terus berkunjung.

Namun pada saat itu Crum tidak pernah berusaha untuk mematenkan keripik kentang buatannya. Sehingga camilan itu akhirnya diproduksi secara massal dan dijual bebas tanpa memberinya kredit apapun.

 

Baca juga : 7 Rekomendasi Jenis Keripik untuk Camilan

 

3. Fungsi Udara dalam Kemasan Keripik Kentang

Bungkusan keripik kentang yang menggelembung dan memuat lebih banyak udara ketimbang dari isinya itu bukan semata-mata trik produsen untuk membuat keripik kentang terlihat menarik. Semua itu berfungsi untuk mencegah kerusakan pada keripik kentang dan membuat kesegaran makanan ringan tersebut tetap terjaga untuk jangka waktu yang lama sekalipun.

 

4. Makanan yang diperdebatkan saat perang dunia

Saat Amerika Serikat memasuki masa perang dunia e II keripik kentang hampir menjadi korban karena dianggap sebagai makanan yang tidak penting. Mereka berniat untuk menghentikan produksi keripik kentang. Namun akhirnya hal ini gagal dilakukan karena aksi protes dari produsen serta para pecinta keripik kentang itu sendiri. Setelah perdebatan ini keripik kentang mendapat popularitas semakin luas dan penjualan yang meningkat drastis.

 

5. Keripi Kentang Rasa BBQ

Sekitar tahun 1950, Joe “Spud” Murphy, pemilik sebuah perusahaan keripik Bernama Tayto di Irlandia mengembangkan teknologi untuk menambah bumbu selama proses pembuatan keripik. Ia menambahkan rasa keju, bawang, garam dan cuka. Sedangkan tahun 1958 Herr merupakan perusahaan pertama yang memperkenalkan keripik kentang rasa barbekyu di Pennsylvania yang masih popular hingga saat ini.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp