5 Pertanyaan yang Sering Diajukan Pembeli di Toko Online

By. Hanief - 12 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Ketika kamu menjual produk melalui toko online, maka calon pembeli yang tertarik dengan produk yang kamu jual akan memiliki banyak pertanyaan yang akan diajukan sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Berikut ini 5 pertanyaan pembeli di toko online.

 

Baca juga: Bisnis Ramah Lingkungan: Peluang dan Tantangan

 

1. Ada warna apa saja?

Pembeli banyak yang menanyakan mengenai variasi warna dari produk yang dijual. Warna produk pada foto yang diunggah bisa saja berubah, dapat terlihat lebih terang ataupun terlihat lebih gelap. Begitu juga yang dilihat oleh calon pembeli.

Warna yang berbeda juga dapat disebabkan karena perbedaan spesifikasi ponsel atau laptop yang penjual dan pembeli gunakan, seperti pada diskripsi produk tertulis warna navy, tetapi karena foto yang diunggah bukan merupakan foto yang high resolution atau foto diambil dengan cahaya yang kurang terang dapat menyebabkan warna navy pada produk tersebut menjadi samar dan pembeli akan melihat produk tersebut lebih berwarna hitam.

 

2. Ada ukuran apa saja?

Pembeli toko online akan bertanya jauh lebih banyak karena mereka tidak bisa mencoba dan mengamati produk yang akan dibeli secara langsung. Apabila produk yang dijual berkaitan dengan produk untuk yang digunakan untuk anggota badan, maka sering kali calon pembeli akan menanyakan mengenai ukuran produk yang dijual.

Penjual dapat meyakinkan pembeli dengan menjelaskan mengenai detail ukuran produk yang kamu jual. Kamu juga dapat menambahkan keterangan ukuran produk mengikuti standar lokal atau luar negeri.

 

Baca juga: Strategi Branding UMKM Dicintai Pelanggan

 

3. Terbuat dari bahan apa?

Pertanyaan yang biasa diajukan pembeli adalah mengenai bahan pembuatan produk. Hal ini dapat menjadi pertimbangan pembeli jika mereka memiliki perhatian khusus terhadap jenis bahan tertentu yang dapat memengaruhi kesehatan mereka, seperti misalnya pembeli tersebut alergi terhadap jenis bahan kain tersebut.

 

4. Bagaimana cara menggunakannya?

Apabila kamu menjual produk yang memerlukan beberapa tahap untuk menggunakannya, maka kamu harus mencantumkan semua langkah-langkah cara penggunaannya agar pembeli tidak kebingungan.

Meskipun kamu sudah mencantumkan prosedur pemakaian produkmu dalam kemasan, tetapi pembeli tetap bisa menanyakan mengenai hal tersebut kembali.

 

5. Barangnya tersedia atau tidak?

Pertanyaan ini paling sering ditanyakan oleh calon pembeli. Ketersediaan produk menjadi perhatian calon pembeli apabila mereka sudah tertarik dengan produk yang kamu jual. Kamu harus jeli melihat produk mana yang menjadi best seller sehingga ketika run out of stock kamu dapat segera memproduksinya kembali.

 

Itu tadi beberapa pertanyaan pembeli di toko online.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: UMKM dan Era Digital: Bagaimana Mengadaptasi Strategi Bisnis Anda




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp