3 Keuntungan menggunakan COD bagi Pebisnis Online

By. Hanief - 12 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Sistem COD atau cash on delivery merupakan metode pembayaran ditempat ketika barang yang dipesan sudah tiba. Sistem COD pada mulanya dilakukan secara langsung oleh penjual dan pembeli di tempat yang sudah ditentukan berama sebelumnya, akan tetapi pada perkembangannya sistem COD dapat dilakukan oleh perantara kurir dari jasa ekspedisi yang dipercaya oleh penjual untuk mengantar paket kepada pembeli. Berikut ini 3 keuntungan COD bagi pebisnis online.

 

Baca juga: Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketer di Dunia E-Commerce

 

1. Membuat pembeli lebih percaya

Pembeli akan lebih percaya dengan produk yang kamu jual, karena sistem COD akan memberikan kepastian pada pembeli bahwa toko online kamu sungguh ada dan tidak palsu.

Pembeli akan merasa lebih aman dari penipuan karena mereka bisa memastikan dan membayar barang ditempat. Sistem COD dapat digunakan oleh pebisnis online sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.

 

2. Membangun reputasi toko online

Apabila pembeli sudah percaya dengan toko online yang kamu miliki, maka hal itu akan berdampak pada reputasi toko online yang juga akan semakin baik. Kekhawatiran yang dirasakan pembeli saat berbelanja online seperti keamanan paket dan kesesuaian produk dapat diredam dengan sistem COD.

Sistem COD dapat menjadi jaminan bagi pembeli karena pembeli tersebut baru akan membayar barang yang dipesan setelah barang tersebut tiba ditempat.

 

Baca juga: Strategi Branding UMKM Dicintai Pelanggan

 

3. Memberi solusi alternatif pembayaran

Berjualan online membuat cakupan pasar menjadi lebih luas, tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga di kota-kota kecil hingga pedesaan. Pembeli yang berasal dari pedesaan mungkin mengalami kendala apabila metode pembayaran yang digunakan adalah melalui transfer bank karena faktor lokasi ATM yang jauh atau belum adanya akses ke mobile/internet banking.

Kehadiran sitem COD dapat menjadi solusi alternatif pembayaran yang memberikan kemudahan dan kepraktisan pada pembeli yang berada pada daerah-daerah tersebut. Hal ini berarti bahwa pebisnis online dapat meraih lebih banyak lagi segmen pembeli, bukan hanya pengguna ATM dan internet/mobile banking tetapi juga mereka yang masih mengandalkan transaksi tunai.

 

Itu tadi beberapa keuntungan menggunakan COD bagi pebisnis online.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: 5 Fakta Perlu Diketahui Tanggal Kedaluarsa




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp