5 Tips Mempertahankan Pelanggan Agar Bisnis Terus Berjalan

By. Teguh - 12 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Pelanggan merupakan salah satu aset dalam sebuah bisnis yang penting agar keberlangsungan bisnis bisa terus berjalan. Mempertahankan pelanggan yang sudah kita miliki sudah menjadi wajib hukumnya agar bisnis kita tetap bisa terus maju. Berikut ini beberapa tips mempertahankan pelanggan potensial yang kita miliki:

Baca juga: 5 Tips Melakukan Inovasi Bisnis agar Bisnis Berkembang

Kemudahan bertransaksi

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang bersaing memperebutkan hati seorang konsumen dengan cara mempromosikan produk dalam berbagai cara.

Untuk mempertahankan loyalitas dan kepuasan pelanggan tersebut, Anda perlu memperhatikan bagaimana cara bertransaksi di toko yang Anda miliki.

Buatlah sistem transaksi semudah mungkin dan sesederhana mungkin agar pelanggan merasa nyaman.

Sediakan berbagai alat pembayaran yang bisa diterima, dan buatlah loket pembayaran dalam jumlah yang cukup agar pembeli tidak perlu mengantri lama.

Penawaran menarik

Penawaran yang menarik juga diperlukan untuk mempertahankan seorang pelanggan setia.

Cobalah untuk menawarkan produk yang menarik atau limited edition pada pelanggan terlebih dahulu baru kemudian ditawarkan pada konsumen umum.

Pelanggan yang mendapatkan penawaran menarik tersebut akan merasa lebih dipentingkan sehingga mereka juga akan lebih mementingkan perusahaan Anda.

Keuntungan timbal balik

Melakukan penjualan tidak semata-mata mencari untung untuk perusahaan saja, tetapi juga harus memberikan keuntungan bagi konsumen yang membelinya.

Jika kedua belah pihak merasakan keuntungan, kemungkinan seorang konsumen untuk meninggalkan usaha Anda juga lebih sedikit.

Baik pembeli maupun penjual merasa saling membutuhkan dan akan setia satu sama lain.

Baca juga: 4 Ciri Peluang Usaha yang Merugikan Pemilik Usaha

Cari tahu kebutuhan pelanggan

Jika ingin membuat pelanggan loyal dan mempertahankan mereka jangka panjang, hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai pengusaha adalah mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan pelanggan.

Apakah kualitas yang terbaik, bermacam jenis dan warna, kegunaan yang mudah, pelayanan yang maksimal, atau lain sebagainya?

Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka, Anda dapat menanyakan langsung kepada pelanggan dengan suasana santai.

Cobalah untuk dengarkan cerita mereka mengenai produk Anda beserta keinginan mereka dari bisnis Anda.

Berikan bonus kepada pelanggan

Siapa yang tidak senang diberikan bonus? Umumnya pelanggan Indonesia sangat tertarik dengan bonus.

Anda bisa memberikan bonus kepada pelanggan dengan berbagai syarat, mulai dari beli 10 kali gratis 1 kali.

Atau Anda bisa memberikan bonus berupa barang yang menarik bagi pelanggan, jika pelanggan Anda adalah anak kecil, Anda bisa memberikan mereka bonus mainan, atau jika pelanggan Anda adalah ibu-ibu, Anda bisa memberikan bonus piring, panci, dan sebagainya.

Itu dia lima tips mempertahankan pelanggan potensial agar bisnis terus tetap berjalan. (Theo Adi)

Baca juga: 5 Bisnis Online yang Bisa Dijalankan Tanpa Modal




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp