webplus.id - Sebuah bisnis pastinya tidak bisa lepas pula dari yang namanya distribusi barang dari para supplier. Orang-orang yang melakukan distribusi barang ini disebut sebagai distributor. Berikut ini beberapa peran adanya distributor dalam sebuah bisnis atau sebuah usaha:
Baca juga: 4 Tips Lakukan Pencatatan Transaksi Debet dan Kredit Bisnis
Membeli produk
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai pengertian distributor, pihak distributor merupakan pihak yang membeli produk berupa barang atau jasa dari produsen.
Kemudian setelah membeli, pihak distributor akan menyalurkan barang yang telah dibeli sebelumnya ke pengecer atau pun konsumen langsung.
Mengklasifikasikan produk
Pihak distributor wajib untuk memilah produk-produk yang telah dibeli sesuai dengan jenis produk, ukuran, serta informasi-informasi penting produk tersebut.
Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan penjualan dan proses distribusi hingga ke tangan konsumen.
Menyimpan produk
Setelah membeli produk dari produsen dalam jumlah besar, tentunya seorang distributor akan menyimpan produk tersebut dalam kurun waktu tertentu.
Sehingga, tidak mengherankan apabila para distributor besar memiliki banyak gudang penyimpanan sementara.
Baca juga: 5 Aplikasi Keuangan Dalam Membantu Pengelolaan Bisnis
Mengangkut produk
Dalam praktik penjualannya, pihak distributor harus menyalurkan produk yang akan mereka jual kembali.
Hal ini juga berarti, distributor memiliki peran memantau dan memastikan bahwa produk-produk yang tengah disalurkan sampai ke tangan pedagang kecil ataupun konsumen dengan aman.
Ikut aktif promosi
Selain pihak produsen, seorang distributor juga memiliki kewajiban untuk turut serta dalam promosi produk-produk yang akan dijual.
Kegiatan ini tentu juga menguntungkan distributor.
Mengingat pengertian distributor sendiri adalah pihak yang membeli kemudian menjual kembali hingga produk diterima konsumen.
Itu dia lima peran distributor dalam sebuah lini bisnis. (Theo Adi)