4 Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Kafe yang Bisa Dicoba

By. Teguh - 12 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Bisnis kafe memang merupakan salah satu bisnis yang sedang naik-naiknya saat ini dan bisa dibuktikan dengan menjamurnya kafe-kafe yang ada di Indonesia saat ini. Banyak pemilik usaha kafe yang secara gencar melakukan branding dan strategi pemasaran bisnisnya di media sosial agar lebih dikenal masyarakat. Bagi kamu yang juga ingin memulai bisnis kafe, berikut beberapa strategi pemasaran yang bisa kamu coba:

Baca juga: 4 Tips Mempertahankan Bisnis dari Kerasnya Persaingan Bisnis

Buat konsep kafe yang unik

Di tengah persaingan yang ketat, memiliki kafe yang biasa-biasa saja tidak cukup.

Seperti yang diketahui bahwa sebagian orang berkunjung ke kafe tidak hanya untuk menikmati makan dan minum tetapi juga memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Oleh karena itu, kafe harus memiliki konsep yang unik berbeda dengan yang lainnya. Dimana pengunjung dapat menikmati eksterior dan interior kafe.

Jadi buatlah konsep yang unik untuk kafe Anda, mulai dari nama, konsep interior dan eksterior cafe yang instagramable atau menarik dan mudah untuk berfoto bagi pengunjung.

Manfaatkan media sosial

Target pasar atau calon pengunjung kafe sebagian besar adalah anak usia muda atau orang kelas menengah ke atas.

Yang mana biasanya mereka sangat akrab dengan social media.

Sebagai pemilik bisnis kafe, Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memasarkan bisnis dan menarik mereka datang ke kafe Anda dengan membuat akun social media kafe Anda seperti di Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

Dan cobalah posting menu makanan atau minuman yang Anda miliki dengan foto yang menarik dan membuat orang ingin mencobanya.

Baca juga: 5 Tips Melakukan Inovasi Bisnis agar Bisnis Berkembang

Tawarkan fasilitas dan promo yang menarik

Kafe merupakan tempat makan, tetapi ia berbeda dengan warung makan umum seperti warteg, sehingga diperlukan sebuah tawaran atau fasilitas yang menarik agar banyak pengunjung yang datang.

Tawaran atau fasilitas yang dapat Anda berikan seperti kartu member, promo diskon, atau mengadakan kegiatan atau kontes mengenai kafe Anda dengan memberikan reward, dan program-program lainnya.

Buat menu dan citarasa yang unik

Anda juga perlu memerhatikan menu dan cita rasa makanan yang Anda tawarkan dalam kafe.

Ketika makanan memiliki cita rasa yang enak maka dipastikan pengunjung tidak akan berpikir dua kali untuk datang ke kafe Anda secara terus menerus.

Selain cita rasa, menu makanan yang disajikan sebaiknya juga unik.

Menu dan citarasa yang unik ini secara alami akan menjadi strategi marketing atau strategi pemasaran cafe coffee chop yang efektif dalam bentuk word of mouth.

Itu dia empat strategi pemasaran sebuah bisnis kafe yang bisa kamu coba. (Theo Adi)

Baca juga: 5 Tahapan SiKlus Bisnis yang Terjadi Saat Ini




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp