4 Manfaat Minuman Temulawak untuk Kesehatan

By. Agung KB - 12 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id – Temulawak merupakan tanaman herbal yang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Temulawak biasanya dijadikan sebagai obat herbal tradisional atau jamu. Temulawak mengandung kurkumin dan minyak atsiri. Temulawak sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti gangguan lambung, kurang nafsu makan, diare, sembelit, hingga radang sendi. Minuman temulawak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah 4 manfaat minuman temulawak untuk kesehatan.

Baca juga: 4 Manfaat Penggunaan Masker Daun Mint untuk Wajah

1. Menambah nafsu makan

Manfaat minuman temulawak untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menambah nafsu makan. Temulawak mengandung minyak atsiri yang dapat meningkatkan nafsu makan pada anak.

2. Mengatasi peradangan

Minuman temulawak bermanfaat dalam mengatasi peradangan. Temulawak memiliki kandungan kurkuminoid dan xanthorrhizol yang dapat berfungsi sebahai antimikroba. Temulawak dapat menghambat dan membasmi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti E. coli dan Salmonella. Temulawak juga memiliki efek antijamur, antivirus, dan antiradang. Temulawak dapat dikonsumsi sebagai minuman herbal untuk mengatasi infeksi.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat dari minuman temulawak selanjutnya adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Temulawak dapat memperkuat daya tahan tubuh karena memiliki beragam nutrisi dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Daya tahan tubuh yang kuat dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan berbagai virus dan kuman penyebab penyakit.

Baca juga: 5 Manfaat Penggunaan Masker Kunyit untuk Wajah

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Minuman temulawak bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sakit perut, sembelit, dan juga diare. Temulawak berdasarkan sebuah penelitian juga bermanfaat untuk mengobati gastritis atau peradangan pada lambung.

5. Menurunkan risiko terkena kanker

Manfaat minuman temulawak selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko terkena kanker. Temulawak mempunyai efek antioksidan, antiradang, dan antikanker. Temulawak diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker seperti kanker serviks, kanker hati, dan kanker payudara. Namun penelitian mengenai efektivitas temulawak sebagai obat kanker masih terbatas sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Meskipun minuman temulawak terbuat dari bahan herbal alami  dan memiliki beragam manfaat namun minuman temulawak tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Nah ini tadi 4 manfaat minuman temulawak untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari webplus.id !




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp