5 Cara Efektif Membuat Giveaway

By. Hanief - 15 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Giveaway merupakan suatu kegiatan memberikan hadiah kepada konsumen yang biasa diadakan oleh brand atau perusahaan dimana hadiah tersebut tidak serta merta diberikan begitu saja pada konsumen tetapi pihak pemberi giveaway biasanya juga memberikan syarat dan ketentuan yang harus dilakukan oleh konsumen seperti like, komen, follow, dan masih banyak lagi. Berikut ini 6 cara efektif membuat giveaway di media sosial.

 

Baca juga: Mengapa Mendengarkan Pelanggan adalah Kunci Kesuksesan Bisnis Anda

 

1. Menentukan hasil yang ingin dicapai

Sebelum mengadakan giveaway, kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai. Kamu juga dapat menentukan giveaway apa yang akan lebih menarik perhatian dari target pasar bisnis yang telah ditetapkan.

Giveaway pada umumnya memiliki tujuan untuk meningkatkan followers, meningkatkan brand awareness, mendapatkan traffic website yang tinggi, menambah konsumen, dan untuk meningkatkan penjualan produk.

 

2. Membuat aturan dan ketentuan giveaway

Kamu perlu membuat persyaratan yang dapat membantu mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Persyaratan yang jelas dan detail akan berpengaruh terhadap kesuksesan campaign kamu.

Apabila tujuan kamu dalam melakukan giveaway adalah untuk meningkatkan followers, maka kamu pastikan terdapat salah satu syarat untuk menjadi peserta giveaway adalah dengan mengikuti akun media sosial dari brand kamu.

 

Beberapa aturan yang umumnya digunakan saat giveaway diantaranya like dan komentar pada postingan, tag lebih dari satu teman, repost informasi pada stories di media sosial, akun konsumen tidah boleh di private, seta masih banyak contoh syarat yang lainnya.

 

Baca juga: 10 Kemitraan dengan UMKM yang Efektif Kembangkan Bisnismu

 

3. Memilih hadiah yang sesuai

Semakin menarik hadiah yang ditawarkan dalam giveaway maka akan semakin banyak yang akan tertarik mengikuti giveaway, karena faktanya sebagian besar konsumen hanya tertarik pada hadiah giveaway. Hadiah giveaway yang umum digunakan adalah produk, uang, voucher, atau barang bernilai lain.

 

4. Menggunakan hashtag

Penggunaan hashtag pada persyaratan giveaway dapat bermanfaat untuk meramaikan campaign. Hashtag dapat dibuat sesuai dengan brand atau campaign yang sedang dijalankan agar brand dapat sering muncul di media sosial.

 

5. Promosikan event giveaway

Hal yang perlu dan sangat penting dilakukan adalah mempromosikan event giveaway tersebut seluas mungkin agar semakin banyak orang yang mengikuti giveaway tersebut. Promosi dapat dilakukan di berbagai media sosial.

 

Itu tadi beberapa cara efektif membuat giveaway di media sosial.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

 

Baca juga: 10 Tips Jualan Online untuk UMKM untuk Naikkan Omzet




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp