5 Etika Bisnis Wajib yang Harus Kita Jaga di Kantor

By. Teguh - 15 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Dalam Menjalankan pekerjaan apapun itu pastinya kita memiliki etika-etika yang perlu dan wajib kita jaga. Tak terkecuali dalam menjalankan bisnis, ada juga etika bisnis yang perlu kita jaga dengan baik. Berikut ini beberapa etika bisnis yang memang wajib kita jaga:

Baca juga: 4 Tips Jalankan Bisnis dengan Anggaran yang Super Ketat

Perhatikan penampilan saat di kantor

Salah satu hal yang menjadi bentuk penerapan contoh etika bisnis di tempat kerja ialah memperhatikan penampilan saat berada di kantor.

Ada baiknya, anda ketahui standar maupun aturan berpakaian yang tertulis di kantor anda.

Bila kantor anda merupakan perusahaan formal, maka anda wajib memakai pakaian semacam celana kain, kemudian mengenakan kemeja putih, dasi, serta dilengkapi dengan jas.

Selain itu, bila anda bekerja di startup atau sebuah perusahaan kreatif, maka pakaian yang lebih informal semacam celana jeans, kemudian kaus, dan juga sweater, maupun dengan model lainnya dapat disandang.

Hormati orang-orang di kantor

Setiap orang pasti selalu ingin dihormati, begitu pula dengan orang yang berada di kantor anda.

Maka dari itu, contoh etika bisnis lain yakni cobalah untuk menghormati semua orang yang berada di dalam kantor.

Ada beberapa bentuk penghormatan yang dapat anda lakukan untuk bisa menerapkan etika dalam tempat kerja.

Contoh saja, dengan tidak mengganggu rekan kerja yang tengah sibuk bekerja. Bila anda malah mengganggunya, mungkin saja dia akan marah dan juga akan merusak hubungan anda berdua.

Jadi orang yang bertanggung jawab

Bertanggung jawab adalah sikap positif juga contoh etika bisnis di tempat kerja yang baik.

Jika ingin karier anda meningkat, maka hal ini patut untuk anda terapkan.

Salah satu contoh dari bertanggung jawab ialah dengan mengerjakan suatu pekerjaan maupun projek dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu.

Anda pun juga bertanggung jawab kepada hasil dari pekerjaan maupun projek yang dikerjakan, terlepas dari hasilnya baik maupun buruk.

Ketika hasilnya buruk, kamu juga tidak mencari alasan.

Baca juga: 4 Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Kafe yang Bisa Dicoba

Jangan sekalipun memotong pembicaraan

Contoh etika bisnis ini ketika saat mengobrol, ada baiknya jika anda menunggu orang lain sampai selesai menyampaikan apa pun yang menjadi pemikirannya.

Memotong pembicaraan akan dapat memberikan kesan bahwa anda berpikir jika opini anda lebih baik daripada pendapat yang lainnya dan tidak tertarik untuk mendengarkan opini dari orang lain.

Jika anda tidak setuju dengan apa yang dibicarakan oleh orang lain, ada kalanya anda mencatat apa yang dia bicarakan dan juga tetap diam sampai dengan orang tersebut selesai berbicara.

Tepat waktu

Menjadi seseorang yang datang tepat waktu adalah salah satu bentuk contoh etika bisnis di tempat kerja yang bisa membawa banyak sekali manfaat pada jenjang karier anda.

Bila anda selalu datang terlambat, akan dianggap sebagai sosok yang tidak profesional dan tidak menghormati aturan yang telah ada.

Usahakan untuk selalu rencanakan untuk datang lebih awal sehingga apabila jika ada suatu hal yang terjadi, semacam terkena macet, anda tidak akan terlambat.

Itu dia lima etika bisnis yang harus kita jaga selama dikantor. (Theo Adi)

Baca juga: 5 Tahapan SiKlus Bisnis yang Terjadi Saat Ini




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp