Tips Memilih dan Memasak Kepiting Segar

By. Agung KB - 15 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Apakah kalian penggemar hidangan laut atau baru saja menyelami dunia kuliner seafood? Mari mencoba memasak kepiting segar dengan benar untuk dapat meningkatkan kemampuan kuliner Anda. Mulai dari memilih kepiting yang sempurna hingga menyiapkan dan menyajikannya, berikut ini adalah panduan lengkap untuk memastikan hidangan kepiting Anda sukses dan lezat.

 

Memilih Kepiting Segar


1.    Masih Hidup dan Bergerak Lincah
Pilihlah kepiting yang masih hidup jika memungkinkan. Kepiting yang masih hidup memastikan kesegaran dan rasa yang nikmat. Carilah yang aktif dan lincah; mereka akan bergerak atau bereaksi ketika disentuh dengan lembut.


2.    Jenis Kepiting
Jenis kepiting yang umum digunakan untuk konsumsi termasuk kepiting bakau, rajungan, dan kepiting raja. Setiap jenis memiliki profil rasa dan cara memasaknya yang unik.

 

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Kesehatan dari Kaviar

 

Persiapan Memasak


1.    Tangani dengan hati-hati
Saat menangani kepiting hidup, lakukan dengan hati-hati agar tidak terjepit. Gunakan penjepit atau kenakan sarung tangan untuk meminimalkan kecelakaan.


2.    Bersihkan Kepiting
Sebelum dimasak, bilas kepiting secara menyeluruh dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran atau pasir. Gunakan sikat untuk membersihkan cangkangnya dengan lembut.

 

Metode Memasak


1.    Merebus
Metode yang paling umum. Isi panci besar dengan air yang cukup untuk merendam kepiting. Tambahkan rempah aromatik seperti daun salam, merica, dan irisan lemon untuk menambah cita rasa. Didihkan air, lalu masukkan kepiting hidup dengan hati-hati. Masak sekitar 12-15 menit untuk kepiting yang kecil dan 20-25 menit untuk kepiting yang lebih besar.


2.    Mengukus
Metode ini lebih lembut dan cenderung lebih mempertahankan rasa alami kepiting. Letakkan rak pengukus di dalam panci dengan sedikit air. Didihkan, masukkan kepiting, dan tutup. Kukus sekitar 10-15 menit untuk kepiting yang kecil dan 20-25 menit untuk kepiting yang lebih besar.

 

Baca juga: Wajib Coba! 6 Hidangan Sup Seafood dari Seluruh Dunia


Pro Tips


- Kesegaran Kepiting
Rasa kepiting akan menurun dengan cepat setelah mati, jadi usahakan untuk memasak dan mengkonsumsinya sesegera mungkin setelah dibeli.


- Bumbu
Bereksperimenlah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah untuk meningkatkan rasa manis alami daging kepiting. seperti mentega dan  bawang putih, atau sentuhan cabai dapat menambah cita rasa pada hidangan Anda.


- Manfaatkan Semua Bagian Kepiting
Jangan biarkan sisa daging kepiting terbuang percuma. Daging kepiting dapat digunakan dalam berbagai resep, mulai dari crab cake hingga hidangan pasta atau salad.

 

Semoga bermanfaat!

 

Baca juga: Mengenal Tobiko! Topping Sushi yang Populer




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp