webplus.id - Akuntansi memegang peranan penting dalam sektor keuangan sebuah bisnis perusahaan dimana akan terlihat arus keluar masuk dana atau modal yang ada. Tetapi perlu diketahu ada beberapa kesalahan kecil dalam sebuah akuntansi yang bisa berakibat fatal dalam kelangsungan sebuah bisnis. Berikut ini beberapa kesalahan dasar akuntansi dalam perusahaan yang sering terjadi:
Baca juga: 5 Tips Mempertahankan Pelanggan Agar Bisnis Terus Berjalan
Berasumsi bahwa keuntungan berarti arus kas
Anda baru saja menutup kesepakatan yang akan diselesaikan proyeknya selama 3 bulan.
Proyek ini akan menghabiskan sejumlah dana perusahaan.
Lalu Anda mencatat keuntungan yang akan didapatkan di awal kesepakatan.
Hal ini menjadi kesalahan besar, mencatat keuntungan sebagai arus kas adalah sebuah kesalahan.
Apa yang terjadi jika kesepakatan, alih-alih selesai dalam tiga bulan, mengalami masalah lalu menyebabkan tambahan tiga bulan?
Berapa kenaikan biaya Anda, membuat estimasi biaya sebelumnya menjadi tidak akurat?
Memang, sangat menggoda untuk menuliskan setiap transaksi pendapatan.
Tetapi, melakukan hal itu dapat membuat bisnis Anda tampak lebih sehat daripada yang sebenarnya dan memberi Anda gambaran yang menyimpang dari kondisi yang nyata dari keuangan bisnis Anda.
Tidak membedakan rincian payroll karyawan
Jika Anda memiliki berbagai jenis karyawan di perusahaan, seperti karyawan tetap, karyawan kontrak, hingga jenis karyawan lain, perhatikan segala komponen gaji atau payroll mereka.
Ingat, perbedaan komponen gaji juga mempengaruhi pencatatan akuntansi bisnis Anda.
Ketahui aturannya, jangan sampai merugikan kesehatan keuangan bisnis atau karyawan Anda.
Gagal rekonsiliasi pembukuan dengan rekening bank
Penting untuk mengetahui bahwa Anda sering menjaga akun bisnis Anda.
Rekonsiliasi adalah proses pemeriksaaan saldo akun yang tercantum pada pembukuan secara akurat dan benar.
Lalu dipastikan bahwa pembukuan sesuai dengan saldo riil pada rekening bank bisnis Anda.
Dari waktu ke waktu, biaya dan pengeluaran kecil yang mungkin tidak Anda pikirkan bisa saja tidak tercatat.
Rekonsiliasi akun Anda sekarang juga. Hal ini juga memungkinkan Anda melacak situasi keuangan Anda dengan akurat.
Lupa mencatat transaksi kecil
Bagaimana bisnis Anda mengelola transaksi kecil dalam bisnis?
Tentu sangat mudah untuk menganggap transaksi kas kecil sebagai tidak penting, tetapi hal pentingnya adalah bisnis Anda harus memiliki catatan semua pengeluarannya, tidak peduli seberapa kecilnya.
Hal ini juga sangat penting dalam bisnis ritel, terdapat banyak transaksi tunai.
Penting juga untuk mencatat transaksi kecil seperti membayar kiriman paket, walaupun biayanya tidak signifikan.
Mengelola semua akuntansi bisnis sendiri
Apakah Anda menangani semua pembukuan dan akuntansi sendiri?
Nah, ini adalah salah satu kesalahan dasar akuntansi keuangan yang sering terjadi.
Ketika Anda menjalankan bisnis yang sangat kecil dengan pendapatan terbatas, Anda bisa saja tergoda menurunkan biaya dengan menangani akuntansi bisnis seorang diri.
Meskipun mengurus akuntansi bisnis Anda sendiri tampak seperti cara yang hebat untuk menghemat uang,hal ini sebenarnya bisa menghabiskan uang bisnis Anda.
Itu dia lima kesalahan dasar dalam akuntansi sebuah bisnis perusahaan. (Theo Adi)