9 Elemen Kanvas Model Bisnis

By. Agung KB - 17 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Kanvas Model Bisnis atau Business Model Canvas (BMC) adalah alat yang sangat berguna dalam merancang, mengidentifikasi, dan memahami bagaimana suatu bisnis beroperasi. Dalam BMC, ada sembilan elemen kunci yang membentuk struktur dasar sebuah bisnis:

1. Segmentasi Pasar (Customer Segments)

Ini adalah langkah pertama dalam BMC. Identifikasi segmen pasar yang berbeda di mana bisnis  dapat memasarkan produk atau layanan. Siapa target pasar Kamu? Bagaimana karakteristik dan kebutuhan mereka?

Baca juga: Tips Memisahkan Keuangan Bisnis dan Keuangan Pribadi

2. Proposisi Nilai (Value Propositions)

Ini menjelaskan nilai atau manfaat apa yang ditawarkan bisnis  kepada pelanggan. Apa yang membuat produk atau layanan Kamu unik? Bagaimana hal itu memenuhi kebutuhan atau masalah pelanggan?

3. Saluran Distribusi (Channels)

Bagaimana produk atau layanan  akan dijangkau oleh pelanggan? Saluran distribusi mana yang paling efektif untuk menjangkau pasar target ? Apakah melalui penjualan langsung, online, atau melalui mitra?

4. Hubungan dengan Pelanggan (Customer Relationships)

Bagaimana hubungan  dengan pelanggan? Apakah itu berbasis self-service, personal, atau dengan bantuan pihak ketiga? Bagaimana cara  mempertahankan dan meningkatkan hubungan ini?

5. Sumber Pendapatan (Revenue Streams)

Ini menjelaskan bagaimana bisnis  akan menghasilkan pendapatan. Apakah dari penjualan langsung, langganan, lisensi, atau model lainnya?

Baca juga: Tips Menabung untuk Entrepreneurs: Mengelola Arus Pemasukan, Pengeluaran, dan Keuangan

6. Sumber Daya Kunci (Key Resources)

Apa yang diperlukan bisnis  untuk menjalankan operasi? Ini bisa berupa aset fisik, sumber daya manusia, teknologi, atau merek.

7. Kegiatan Kunci (Key Activities)

Ini adalah kegiatan inti yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis . Apakah itu produksi, penelitian, pemasaran, atau pengembangan produk?

8. Kemitraan Kunci (Key Partnerships)

Apakah ada pihak ketiga atau mitra strategis yang membantu bisnis ? Kemitraan apa yang mendukung jalannya operasi bisnis dengan lebih baik?

9. Biaya (Cost Structure)

Ini mencakup semua biaya yang terkait dengan menjalankan bisnis . Biaya seperti produksi, distribusi, pemasaran, dan biaya operasional lainnya.

Baca juga: Mengawali Petualangan Bisnis Makanan Olahan Telur: Tips Sukses Untuk Pemula

Masing-masing elemen ini saling terkait dan membentuk kerangka kerja yang komprehensif untuk memahami bisnis secara keseluruhan. Mengidentifikasi dan memahami elemen-elemen ini membantu bisnis dalam merancang strategi yang kokoh dan membangun model bisnis yang berkelanjutan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp