Aplikasi Akuntansi Untuk Mempermudah Mengelola Keuangan

By. Agung KB - 17 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Di era digital jaman sekarang semua dimudahkan dengan adanya anak muda yang menciptakan teknologi teknologi yang dapat memudahkan dalam berbagai aktivitas sehari hari. Tidak hanya teknologi teknologi yang dapat menghabiskan waktu saja ada juga teknologi yang membantu dalam produktifitas. Contohnya aplikasi atau software akuntansi. Mencatat semua transaksi keuangan menjadi hal penting dalam bisnis yang biasanya dilakukan secara manual dengan menuliskan pada buku bahkan tidak dicatat sama sekali. Kegiatan mencatat keuangan sama pentingnya dengan menjual barang atau jasa yang ditawarkan dalam suatu bisnis. Sekarang, telah hadir software dan aplikasi akuntansi yang dapat mempermudah mencatat keuangan untuk bisnismu. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Harga Pokok Penjualan

Dengan adanya aplikasi dan software akuntansi dapat memudahkan dan mempercepat seseorang dalam membuat laporan keuangan. Peran utama dari software akuntansi untuk perusahaan adalah mengelola data keuangan dan laporan secara akurat. Oleh karenanya, dengan menggunakan software ini maka akuntan dapat menerbitkan laporan keuangan dengan cepat tanpa harus melakukan penghitungan secara manual dengan berkas yang menumpuk. Software akuntansi juga dapat meminimalisir human eror yang mungkin terjadi jika pencatatan dilakukan secara manual.

 

Berikut rekomendasi software dan aplikasi akuntansi untuk memudahkan pengelolaaan dan pencatatan keuangn bisnismu.

Baca Juga: Beragam Jenis Sertifikasi Akuntansi Untuk Menunjang Karier

1. Accurate

Accurate menjadi salah satu aplikasi akuntansi terbaik dan populer yang bisa dipertimbangkan. Aplikasi ini banyak dipakai oleh perusahaan di Indonesia. Ini tentu saja bukan tanpa alasan. Accurate didukung dengan tampilan yang sangat ramah pengguna. Tidak hanya profesional, pebisnis pemula dan mahasiswa juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah. Accurate menawarkan lebih dari 200 laporan finansial dan operasional yang bisa Anda gunakan setiap saat tanpa harus menunggu laporan dari karyawan. Tak hanya itu, tersedia pula fitur SmartLink Internet Banking pada aplikasi satu ini. 

2. Wave

Wave cocok untuk pemula yang sedang ingin menggunakan aplikasi akuntansi. Aplikasi ini juga sangat cocok jika dipakai untuk bisnis skala kecil yang berfokus pada bidang jasa. Sebab, fitur yang ditawarkan sudah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan tentang dasar akuntansi untuk bisnis. Perihal keamanan data, program aplikasi gratis ini telah mengantongi sertifikasi PCI Tingkat-1. Jadi, akun atau rekening bank perusahaan Anda sudah pasti aman ketika dihubungkan dengan Wave. Meski demikian, Wave mempunyai akses yang bisa dibilang terbatas dengan berbagai aplikasi lain. 

3. Zahir

Khusus bagi Anda yang mengelola bisnis dengan jumlah gudang penyimpanan lebih dari satu, Zahir dapat menjadi aplikasi akuntansi terbaik yang bisa dipilih. Aplikasi keuangan perusahaan satu ini telah didukung dengan fitur inventori yang bisa digunakan untuk melakukan pendataan perpindahan atau rotasi barang di setiap gudang. Selain itu, Zahir juga menawarkan fitur laporan finansial secara langsung. Alhasil, Anda tentu akan semakin mudah dalam menentukan strategi atau kebijakan lebih tepat dan cepat.

Baca Juga: Pengelolaan Aset dan Utang: Fondasi Keuangan yang Kuat dalam Bisnis

Demikian rekomendasi aplikasi akuntansi yang dapat dipilih sesuai dengan fungsi dan kegunaan masing masing dari bisnis kecil maupun yan sudah besar.Jika ingin sofrware yang gratis dapat menggunakan microsoft excel dan mencari rumus rumus penghitungan manual di internet.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp