Tips Ampuh Mengatasi Maag Akut Secara Alami

By. Eko Jt - 18 Jan 2024

Bagikan:

 img

kontenPedia.com - Bagi sobat kontenPedia yang memiliki keluhan penyakit maag apalagi maag akut, wajib banget simak artikel ini.

Dalam artikel ini, kontenPedia akan menjelaskan solusi meredakan sakit maag secara alami alias tanpa menggunakan obat.

Penggunaan obat sakit maag dalam waktu yang panjang memang beresiko justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Dikutip kontenPedia dari laman Healthline, bagi mereka yang mengalami sakit maag, ada sejumlah cara sederhana untuk mengurangi gejala sakit maag secara alami.

 

Baca juga : Penderita Maag Berpuasa, Simak Penjelasannya

 

Praktik terbaik bagi siapa saja yang mengalami gejala sakit maag adalah berkonsultasi dengan dokter mereka, kata Dr. Brenna Velker.

Brenna Velker adalah seorang dokter keluarga dan asisten profesor di Departemen Kedokteran Keluarga Universitas Barat di Ontario, serta seorang blogger di Huffington Post Canada.

"Ada hal-hal tertentu yang dapat menyebabkan penyakit refluks atau gastroesophageal reflux (GERD) dan Anda tidak ingin mengobati gejalanya tanpa menyelesaikan masalah," kata Velker dikutip dari Healthline.

“Jika seseorang menggunakan banyak obat antiinflamasi nonsteroid seperti Advil, mereka dapat merusak lapisan lambung dan menyebabkan iritasi, nyeri, dan refluks,” lanjut velker.

“Jadi hal pertama yang akan kami katakan adalah jika Anda mengambil sesuatu seperti itu, berhentilah. Hal kedua adalah sebenarnya ada bakteri yang disebut Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan refluks dan GERD," katanya.

Baca juga : Tempe Obat Terbaik Cegah Penyakit Maag? Simak Faktanya

"Jadi jika itu mungkin, kita mungkin ingin memeriksanya dengan tes darah hanya untuk memastikan bahwa mereka tidak positif. Jika ya, maka mengobati dengan obat anti-refluks, bahkan PPI, tidak akan menyelesaikan masalah.”

Beberapa cara berikut ini ampuh meredakan rasa sakit maag secara alami.

 

1. Hindari Jenis Makanan Tertentu

Kebijaksanaan konvensional menyatakan bahwa makanan pedas menyebabkan sakit maag karena keasamannya mengiritasi lapisan perut.

Tapi ini belum tentu benar. Sementara beberapa makanan memang mengiritasi lambung, penyebab sebenarnya adalah makanan yang keluar dari lambung dan masuk ke kerongkongan.

Mereka melakukan ini dengan menyebabkan katup yang memisahkan dua area menjadi rileks dan berhenti melakukan tugasnya secara efektif.

 

2. Perhatikan Porsi Makan

Pada dasarnya makan perlahan dan berhenti begitu tubuh terasa kenyang, memiliki sejumlah efek samping yang menguntungkan.

Khusus bagi penderita sakit maag mungkin adalah cara mengurangi gejala maag yang diderita.

 

3. Jangan Tidur Setelah Makan

Meskipun mungkin tampak seperti ide bagus untuk berbaring tidur setelah makan besar, ini sebenarnya cara yang bagus untuk menyebabkan sakit maag.

 

4. Mengunyah Permen Karet setelah Makan

Dalam studi diterbitkan dalam World Journal of Gastrointestinal Pharmacology and Therapeutics menemukan bahwa gejala sakit maag dapat dikurangi dengan mengunyah permen karet selama setengah jam setelah makan.

 

5. Program Penurunan Berat Badan

Menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran umum memiliki efek positif pada semua aspek kesehatan, termasuk sakit maag dan asam lambung.

Baca juga : 5 Jenis Buah Ini Ampuh Dipercaya Mampu Redakan Maag




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp