4 Jenis Transaksi yang Terdapat Dalam Perusahaan Dagang

By. Teguh - 19 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Perusahaan dagang merupakan sebuah perusahaan yang kegiatannya melakukan perdagangan dari supplier dan menjualnya langsung kepada konsumen tanpa merubah wujud barangnya. Dalam sebuah perusahaan dagang ada terdapat beberapa jenis transaksi yang sering digunakan dalam menjalankan bisnisnya. Berikut ini beberapa jenis transaksi dari perusahaan dagang:

Baca juga: 5 Keuntungan Adanya Software Pembukuan bagi Bisnis Apotek

Transaksi keuangan penjualan barang dagang

Dalam penjualan barang dengan cara tunai berarti perusahaan menerima sejumlah uang tunai hasil dari penjualan barang dagangan.

Penjualan barang dagangan dengan cara tunai di jurnal dengan mendebit kas serta mengkredit penjualan.

Sedangkan penjualan barang dagangan dengan cara kredit adalah transaksi penjualan yang memunculkan alias meningkatkan piutang dagang perusahaan sebagai pengganti uang tunai dampak dari penjualan barang dagangan.

Penjualan barang dagangan dengan cara kredit di jurnal dengan mendebit piutang dagang serta mengkredit penjualan.

Transaksi keuangan retur pembelian barang dagang

Transaksi ini adalah transaksi yang terjadi sebab sebuah faktor yang bersifat khusus.

Semisal dari pembelian barang yang diperbuat perusahaan terhadap pemasok tersedia berbagai barang yang rusak atau tidak sesuai pesanan.

Transaksi perusahaan dagang apabila pembelian barang dagangan dilakukan dengan cara tunai, tetapi barang tersebut rusak atau tidak sesuai pesanan jadi barang tersebut dikembalikan terhadap pemasok, maka Jurnal khusus yang dibangun adalah mendebit kas serta mengkredit retur pembelian.

Baca juga: 5 Keuntungan Jalankan Bisnis Waralaba atau Franchise

Pembayaran beban angkut pembelian dan penjualan

Pembayaran Beban angkut pembelian adalah transaksi dalam perusahaan dagang yang terjadi sebab perusahaan menggunakan jasa angkut barang atas barang dagangan yang dibeli.

Jurnal yang dibangun adalah dengan mendebit beban angkut pembelian serta mengkredit kas.

Dalam faktor ini beban angkut pembelian barang dibayar oleh pembeli barang, biasanya pada kondisi ini sistem penyerahan barang yang dipakai adalah FOB Shipping Point.

Pembayaran beban angkut penjualan adalah transaksi dalam perusahaan dagang yang terjadi sebab perusahaan menggunakan jasa angkut barang atas barang dagangan yang dipasarkan.

Transaksi keuangan pembelian barang dagang

Dalam transaksi pembelian barang dagangan dengan cara tunai berarti perusahaan mengeluarkan sejumlah uang tunai untuk membeli (memperoleh) barang yang bakal diperdagangkan.

Pembelian barang dengan cara tunai di akun jurnal dengan mendebit pembelian serta mengkredit kas.

Sedangkan dalam pembelian barang dengan cara kredit, berarti perusahaan berutang untuk membeli barang dagangan yang bakal diperdagangkan.

Itu dia empat jenis transaksi yang ada terdapat dalam perusahaan dagang. (Theo Adi)

Baca juga: 5 Kerugian Melakukan Bisnis Real Estate




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp