Beberapa Ikan Yang Memiliki Vitamin D

By. Eko Jt - 07 Feb 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Pada musim hujan seperti sekarang ini, kita tetap perlu untuk selalu menjaga imunitas tubuh kita, yaitu dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi termasuk vitamin D.

 

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Bali Terbaru yang Mengagumkan dan Populer

 

Vitamin D merupakan salah satu dari beberapa vitamin yang larut dalam lemak. Ada banyak sekali manfaat terdapat didalam vitamin D bagi tubuh, mulai dari menjaga kepadatan tulang dan gigi, menjaga imun tubuh, hingga membantu mencegah penyakit kanker. Inilah beberapa ikan yang mengandung vitamin D untuk menjada imunitas tubuh kita.

 

1. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod merupakan suplemen yang populer. Jika kalian tidak suka mengonsumsi ikan, maka mengonsumsi minyak ikan cod adalah cara lain untuk mendapatkan nutrisi yang sulit didapat.

Ini merupakan salah satu sumber vitamin D yang sangat baik. Dengan kandungan sekitar 450 IU per sendok teh (4,9 mL), ini memenuhi 56% dari kebutuhan harian tubuh. Sebuah studi pada 2021 dalam jurnal Nutrients menyebut minyak hati ikan kod sebagai bagian dari pengobatan rakhitis, psoriasis, dan tuberkulosis.

 

2. Ikan Mackarel

Mengutip dari British Heart Foundation, ikan Mackarel juga merupakan ikan dengan kandungan vitamin D yang tinggi. Mengonsumsi ikan mackarel bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak, memperkuat tulang, dan mencegah anemia.

 

3. Tuna

Dikutip dari Everyday Health, USDA mencatatkan bahwa 3 ons ikan tuna kalengan dalam air memiliki kandungan 68 IU vitamin D. FDA merekomendasikan untuk memilih tuna ringan sebagai pilihan terbaik.

Selain menyehatkan, tuna juga termasuk ikan yang mudah diolah menjadi beragam jenis masakan.

 

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Jawa Timur yang Enak dan Wajib Dicoba

 

4. Ikan Haring dan Sarder

Ikan haring biasanya sering diolah dengan cara diasapi atau diasamkan. Ikan ini juga merupakan salah satu sumber vitamin D. Ikan haring Atlantik segar memiliki kandungan 214 IU per porsi 3,5 ons (100 gram), yang merupakan 27 persen dari kebutuhan vitamin D harian tubuh.

Selain itu, sarden kalengan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Satu porsi 3,5 ons atau 100 gram sarden memiliki kandungan 193 IU atau 24 persen dari kebutuhan harian tubuh.

 

5. Salmon

Salmon adalah salah satu ikan berlemak yang populer dan memiliki sumber vitamin D. Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi 3,5 ons (100 gram) porsi salmon Atlantik yang dibudidayakan memiliki kandungan 526 IU vitamin D.

Ikan salmon juga bisa diolah jadi beragam jenis masakan, mulai dari dibakar hingga dibuat sup.

 

Baca Juga: Tips Detoksifikasi Gula untuk Menjaga Kesehatan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp