8 Cara Menyimpan Makanan Di Kulkas Agar Tetap Awet

By. Eko Jt - 04 Mar 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Selain mempertahankan kesegaran dan rasa, cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar juga akan menjaga zat gizi yang terkandung di dalamnya. Beberapa makanan perlu disimpan di kulkas agar kesegarannya tetap terjaga dan usianya lebih tahan lama. Namun, jangan asal-asalan ketika akan menyimpan makanan ke dalam kulkas. Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan makanan di kulkas agar tetap segar dan awet:

Baca juga : Berikut 6 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan di Usia Muda

 

1. Suhu Kulkas yang Tepat

Pastikan suhu kulkas Anda berada dalam rentang 1-4 derajat Celsius. Suhu ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan makanan cepat rusak.

 

2. Pisahkan Makanan

Simpan makanan mentah terpisah dari makanan siap saji atau makanan yang sudah dimasak untuk mencegah kontaminasi silang.

 

3. Gunakan Wadah Tertutup

Simpan makanan dalam wadah yang kedap udara atau bungkus makanan dengan rapat menggunakan kantong plastik atau kertas aluminium untuk mencegah bau dan rasa lain yang menempel pada makanan.

 

4. Label Makanan

Selalu label makanan dengan tanggal kedaluwarsa atau tanggal dimasak untuk membantu Anda mengidentifikasi makanan yang harus segera dikonsumsi.

Baca juga : Ini Dia 10 Mobil Paling Laris per Januari 2024

 

5. Jangan Menyimpan Makanan Panas

Biarkan makanan dingin atau mencapai suhu ruangan sebelum Anda menyimpannya di dalam kulkas. Menyimpan makanan panas dapat membuat suhu dalam kulkas naik dan mengakibatkan penumpukan kondensasi yang dapat merusak makanan lainnya.

 

6. Gunakan Rak Kulkas dengan Bijaksana

Gunakan rak kulkas secara efisien untuk memisahkan makanan. Makanan yang membutuhkan suhu paling dingin, seperti daging mentah, sebaiknya diletakkan di bagian bawah kulkas, sedangkan makanan yang membutuhkan suhu lebih tinggi, seperti produk susu, dapat diletakkan di bagian atas.

 

7. Periksa Rutin Makanan

Periksa makanan secara rutin untuk memastikan tidak ada yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa atau menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

 

8. Jangan Simpan Terlalu Lama

Meskipun kulkas dapat membantu mempertahankan kesegaran makanan, tetap penting untuk tidak menyimpan makanan terlalu lama. Konsumsilah makanan dalam jangka waktu yang wajar untuk meminimalkan risiko kerusakan atau penurunan kualitas.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan makanan Anda tetap segar dan aman untuk dikonsumsi selama lebih lama.

Baca juga : Resep Kolak Biji Salak yang Enak dan Lembut




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp