7 Fakta Menarik tentang Barakuda

By. Eko Jt - 08 Mar 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Barakuda bukan merupakan sebutan bagi satu spesies ikan spesifik saja, melainkan sebutan untuk ikan-ikan yang berasal dari famili Sphyraenidae. Spesies ikan barakuda terbesar adalah jenis Barakuda Besar dan merupakan spesies yang sering ditemui, tetapi masih banyak spesies barakuda lainnya yang juga tersebar di seluruh samudera.


Berikut ini adalah 7 fakta mengenai Ikan Barakuda:


1.    Ada sekitar 27 spesies barakuda yang telah diidentifikasi
Biasanya spesies yang ditemukan disuatu wilayah akan dinamai sesuai wilayahnya seperti Barakuda Guinea, Barakuda Jepang, Barakuda Meksiko dan Barakuda Eropa.
 

2.    Penampilannya yang berbeda dari ikan lain
Ikan ini mudah dikenali karena penampilannya yang memiliki tubuh panjang dan ramping dengan kepala bagian atas yang rata dan ujung rahangnya yang meruncing.

 

Baca juga: Budidaya Tuna Dan Masalah Yang Dihadapi
 

3.    Berhabitat diperairan tropis dan subtropis
Barakuda termasuk ikan laut yang tinggal didaerah pesisir dan terkadang dapat ditemui juga didaerah muara. Mereka dapat ditemukan di Samudera Pasifik, Atlantik dan Hindia.
 

4.    Mencari mangsa yang ‘berkilau’ didalam air
Ikan Barakuda berburu mangsa dengan menggunakan penglihatan mereka untuk melihat tanda-tanda keberadaan mangsanya. Ikan-ikan kecil yang menjadi mangsa barakuda biasanya memiliki sisik keperakan yang akan berkilau ketika terkena cahaya. Ketika inilah barakuda akan dapat melihat keberadaan mangsanya.

 

5.    Perenang cepat
Ikan ini merupakan salah satu ikan tercepat yang ada dilautan. Barakuda dapat berenang hingga kecepatan 56 km/jam di dalam air. Namun mereka tidak dapat berenang cepat dengan jarak yang panjang, sehingga mereka akan menunggu hingga jarak mangsanya sudah dalam jangkauan untuk kemudian melesat menangkapnya.

 

Baca juga: Tips Menyiapkan Daging Ikan Sebelah Sebelum Dimasak

 

6.    Barakuda memiliki gigi yang tajam
Barakuda memiliki dua baris gigi dalam rahangnya. Baris terluar tersusun dari gigi yang sangat tajam untuk merobek daging mangsanya, dan baris dalam yang tersusun dari gigi yang lebih panjang, tajam dan bengkok kebelakang yang berfungsi untuk mengunci mangsanya agar tidak terlepas dari gigitannya.

 

7.    Bisa dikonsumsi namun harus hati-hati
Ikan ini merupakan ikan yang dapat dikonsumsi manusia, namun ketika akan memakannya harus berhati-hati karena ikan barakuda dengan ukuran lebih besar memiliki kemungkinkan mengandung racun ciguatoksin. Sehingga lebih aman untuk menghindari konsumsi jenis ikan barakuda yang memiliki ukuran besar.

 

Baca juga: 10 Fakta Ikan Kuwe Gerong




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp