Tips Melelehkan (Thawing) Ikan Beku Dengan Benar

By. Eko Jt - 25 Mar 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Thawing atau pelelehan, mengacu pada proses mencairkan produk beku, seperti makanan, kembali ke suhu normal. Ketika suatu produk dibekukan, suhunya diturunkan di bawah titik beku, menyebabkannya membeku. Thawing dilakukan untuk membalikkan proses ini dan membawa barang kembali ke keadaan semula, biasanya dengan menaikkan suhu diatas titik beku.


Untuk melakukan thawing ikan dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut:


1.    Pindahkan ikan dari freezer ke lemari es
Tempatkan ikan di dalam kantong plastik anti bocor atau wadah kedap udara untuk mencegah uap air keluar atau bau apa pun yang memengaruhi bahan makanan lain di lemari es. Pastikan ikan tertutup rapat.

 

Baca juga: Ketahui 5 Siklus Hidup Cumi-Cumi


2.    Berikan waktu untuk mencairkan
Waktu thawing akan tergantung pada ukuran dan ketebalan ikan. Sebagai pedoman umum, berikan waktu sekitar 24 jam untuk setiap 2 kilogram ikan. Untuk potongan atau fillet yang lebih kecil, waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Misalnya, fillet kecil dapat mencair dalam semalam, sedangkan ikan utuh yang lebih besar mungkin membutuhkan waktu hingga 48 jam.


3.    Periksa tingkat pelelehan
Setelah waktu thawing yang disarankan berlalu, tekan ikan secara perlahan untuk memeriksa apakah ikan terasa lembut dan lentur. Seharusnya tidak terasa dingin atau keras di bagian tengahnya. Jika masih ada bagian yang membeku, kembalikan ikan ke dalam lemari es untuk dicairkan lebih lanjut.

 

Baca juga: 7 Hal Yang Dilakukan Untuk Mencegah Ledakan Alga


4.    Gunakan metode thawing dengan air dingin (opsional)
Jika kalian ingin mencairkan ikan lebih cepat, kalian bisa menggunakan metode thawing dengan air dingin. Tempatkan ikan dalam kantong plastik anti bocor dan rendam dalam air dingin. Ganti airnya setiap 30 menit untuk memastikan air tetap dingin. Ikan akan mencair dalam waktu sekitar 1 jam untuk setiap 0,45 kilogram ikan. Setelah dicairkan, segera masak ikan.


5.    Masak segera setelah dicairkan
Setelah ikan dicairkan, yang terbaik adalah memasaknya dengan segera untuk memastikan kesegaran dan mencegah pertumbuhan bakteri. Ikuti resep yang kalian pilih atau masak ikan sesuai keinginan.

 

Perlu diingat bahwa penting untuk memprioritaskan keamanan makanan dengan thawing ikan secara benar. Hindari mencairkan ikan pada suhu kamar karena dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan potensi keracunan makanan.

 

Baca juga: Ketahui 6 Manfaat Konsumsi Kaviar Bagi Tubuh




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp