Simak ! Kapan Waktu yang Tepat untuk Menikmati Makanan Penutup

By. Eko Jt - 14 May 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Makanan penutup yang lezat seringkali menjadi puncak kesenangan setelah menyantap hidangan utama. Namun, tahukah Anda kapan waktu yang tepat untuk menikmatinya?

 

Baca juga : Membeli Kebutuhan Lebaran Lewat Online Shop

 

Menurut ahli gizi konsultan senior di Rumah Sakit Marengo Asia, Dr. Neeti Sharma, waktu terbaik untuk mengonsumsi makanan penutup yang manis adalah setelah sarapan pagi. Ini memberikan tubuh waktu yang cukup untuk memetabolisme gula dan karbohidrat secara efisien, mencegah lonjakan kadar gula darah, serta memberikan sumber energi yang stabil sepanjang hari.

 

Pilihan makanan penutup yang lebih sehat seperti salad buah, parfait yogurt, atau muffin gandum utuh disarankan untuk meningkatkan asupan nutrisi sekaligus memuaskan rasa manis.

 

Di sisi lain, Shruti Keluskar, Ahli Gizi dari Cloudnine Group of Hospitals, Pune, menyarankan untuk menikmati makanan manis di sore hari. Ini dapat membantu memuaskan nafsu makan tanpa mengganggu metabolisme atau menyebabkan penurunan gula dalam sehari di kemudian hari.

 

Dr. Sharma juga menekankan manfaat mengonsumsi makanan penutup setelah sesi olahraga, karena tubuh membutuhkan pengisian kembali simpanan glikogen untuk membantu pemulihan otot. Lebih baik lagi jika makanan penutup tersebut dipasangkan dengan makanan kaya protein untuk meningkatkan perbaikan dan pertumbuhan otot.

 

Namun, ada beberapa hal yang perlu dihindari. Ahli gizi tidak menyarankan untuk menikmati makanan penutup menjelang malam atau setelah makan berat karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang mengganggu pola tidur dan berkontribusi pada penambahan berat badan.

 

Jadi, jika Anda menginginkan sesuatu yang manis di malam hari, pertimbangkan untuk memilih makanan sehat dalam porsi kecil seperti sepotong cokelat hitam atau seporsi kecil sorbet.

 

Selain itu, penting untuk memperhatikan waktu antara makanan utama dan makanan penutup. Menunggu setidaknya satu atau dua jam setelah makan utama dapat membantu pencernaan berjalan dengan baik, mencegah rasa tidak nyaman, kembung, dan gangguan pencernaan.

 

Baca juga : Tips Mudik Aman dan Nyaman dari Polri untuk Hari Raya Idul Fitri 2024

 

Jadi, kini Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menikmati makanan penutup favorit Anda !




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp