Berikut Tips dan Trik Sukses Menjadi Seorang Konten Kreator

By. Hanief - 30 May 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Era digitalisasi semakin mendorong jenis pekerjaan yang berasal dari dunia media. Salah satunya faktanya yakni bermunculannya para konten kreator. Tren pembuatan konten (content creating) kini bisa menjadi peluang baru di era teknologi digital untuk menghasilkan pundi-pundi rezeki.

 

Ada berbagai jenis konten yang bisa diciptakan lewat berbagai platform digital, pastikan konten yang dibuat adalah konten kreatif semaksimal mungkin agar semakin berpotensi untuk terkenal.

 

Meski terlihat menjanjikan, tak sembarang orang bisa menjadi konten kreator berhasil. Agar mencapai hal tersebut, diperlukan strategi dan perencanaan yang tepat untuk membuat konten gokil, kreatif, informatif, menghibur, dan disukai khalayak. Dilansir dari Detik Inet, simak tips dan strategi yang digunakan untuk berhasil jadi konten kreator yang berhasil.

 

Baca juga : 8 Strategi Konten yang Efektif untuk Pemasaran Digital

 

1. Pilih Platform Tepat

Saat memulai menjadi konten kreator,  memilih platform yang tepat sesuai dengan konten yang akan dibuat sangatlah penting. Misalnya, dengan membuat video kreatif di platform TikTok yang sedang nge-hype saat ini. Jika menginginkan konten video yang bersifat menghibur, memanfaatkan platform YouTube adalah solusinya . Sementara itu, Instagram bisa dimanfaatkan untuk membagikan konten berbasis visual dan bagi penggemar musik, bisa membagikan karyanya di Soundcloud ataupun Spotify. Dengan memilih platform yang tepat, memungkinkan untuk meningkatkan jumlah orang yang akan engage dengan konten yang dibuat. Jika konten yang dibuat sesuai dengan preferensi audiens di platform tersebut, tentunya akan semakin mudah dikenali dan bisa membuka peluang dapatkan penghasilan sultan sebagai konten kreator.

 

2. Perhatikan Target Audiens

Sama seperti memulai bisnis lain, memperhatikan target audiens yang akan menjadi market dari konten yang akan dibuat sangatlah penting. Jika konten yang sesuai dengan target audiens telah dibuat, tentunya penggemar secara otomatis muncul sendiri. Jurus ini cukup mudah untuk dipraktikkan. Caranya, buatlah konten-konten yang pas dengan target audiens, agar bisa lebih maksimal menjangkau audiens. Sehingga, bisa disukai penggemar dan bisa menambah penghasilan dari kegiatan ini.

 

3. Berinteraksi dengan Audiens

Salah satu kunci untuk sukses jadi konten kreator adalah berinteraksi dengan audiens. Dengan mengajukan pertanyaan ke mereka melalui poling atau biarkan audiens mengisi question box di Instagram. Saat berinteraksi dengan audiens, jalinlah kedekatan dengan mereka, sekaligus mengetahui umpan balik (feedback) atau pendapat dari audiens mengenai konten buatanmu. Hal ini bisa jadi bahan evaluasi buatmu, juga jalan untuk memilah berbagai iklan dan sponsor yang pas dengan kebutuhan audiens biar makin cuan kayak sultan.

 

Baca juga : Mengoptimalkan UMKM: Panduan Lengkap Strategi Pemasaran Digital

 

4. Produksi dan Upload Konten Secara Teratur

Agar menjadi konten kreator sukses berpenghasilan maksimal, tentun dilarang malas dan harus konsisten bikin konten. Sebab, saat konten ternyata absen dalam postingan, bisa jadi audiens atau followers justru berpaling ke konten buatan creator lain.Penting untuk menetapkan jadwal yang teratur buat brainstorming ide sampai jadi sebuah konten. Sehingga, nantinya audiens bisa tahu kapan konten buatanmu akan ditayangkan. Jangan lupa juga bikin signature move yang unik dan beda daripada yang lain, ya. Misalnya, buat gaya bahasa yang unik saat berinteraksi dengan audiens. Bisa juga ciptakan tone serta style foto/video yang khas sesuai jati diri kita.

 

5. Stay Update

Jurus terakhir sebagai konten kreator sukses yaitu jangan fokus dengan konten buatanmu saja. Tapi juga perlu memperhatikan tren konten terkinisupaya tak ketinggalan zaman. Wawasan yang luas tentang industri kreatif juga diperlukan, khususnya dalam pembuatan konten. Supaya konten yang diproduksi relevan dengan minat audiens dan pastinya semakin populer.

 

Baca juga : Mengoptimalkan Bisnis dengan Strategi Seasonal Marketing yang Efektif




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp