7 Buah Yang Bisa Redakan Batuk

By. Eko Jt - 04 Jun 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Dilansir dari laman alodokter, Rabu (1/3/2023), batuk adalah respons alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing, seperti kuman, virus, debu, atau zat iritatif, dari dalam saluran pernapasan. Meski begitu, batuk juga sering kali menandakan adanya gangguan kesehatan tertentu, mulai dari ISPA, alergi, asma, hingga kanker paru-paru.

 

Baca juga: Alergi Dingin: Gejala dan Cara Mengatasinya

 

Tenggorokan dan paru-paru biasanya menghasilkan sedikit sputum atau dahak. Lendir ini biasanya dikeluarkan melalui batuk dan bersin. Namun, batuk sesekali yang mereda dengan cepat biasanya relatif normal, karena membantu menggerakkan lendir yang membuat saluran udara tetap lembap. Sedangkan batuk yang berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan memang mengkhawatirkan, karena bisa jadi merupakan gejala penyakit yang memerlukan pengobatan. Batuk harus segera ditangani, terutama bila batuk disertai gejala lain seperti demam, sesak napas, dan lendir berwarna kuning kehijauan atau berdarah. Bagi Anda yang mengalami batuk disertai dengan gejala lain dan tidak kunjung sembuh, maka Anda bisa konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

 

Berikut merupakan buah-buahan yang dapat meredakan batuk

 

1. Lemon

Lemon bisa menjadi buah pilihan untuk meredakan batuk. Mengonsumsi seperempat cangkir jus lemon segar menyediakan 30% dari target asupan vitamin C harian Anda, sedangkan jus satu buah lemon utuh dapat menyediakan sekitar 50% dari kebutuhan harian Anda. 

Selain mendukung imunitas, vitamin C yang juga berperan sebagai antioksidan diperlukan untuk perbaikan DNA dan produksi serotonin. Produksi serotonin dapat  meningkatkan kebahagiaan dan kualitas tidur, sehingga Anda dapat beristirahat dengan lebih nyaman saat sedang sakit.

Mencampur lemon dengan madu dianggap sebagai salah satu obat batuk alami paling efektif untuk anak. Untuk menyiapkannya, tambahkan lemon segar ke dalam air panas. Campurkan dengan madu atau teh hangat untuk sakit tenggorokan dan menambah daya tahan tubuh.

 

2. Jeruk Nipis

Buah yang bernama latin Citrus Aurantifolia ini dapat menyegarkan organ pernapasan dan melembapkan tenggorokan. Khasiat buah ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita batuk kering berkepanjangan yang menyebabkan gatal dan sakit pada tenggorokan. Selain itu, jeruk nipis mengandung berbagai zat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri penyebab batuk. 

Salah satu cara populer untuk menjadikan jeruk nipis sebagai obat batuk alami adalah dengan mencampur air perasan jeruk nipis dengan kecap manis. Cara ini dapat mengurangi rasa asam yang kuat pada jeruk nipis. 

Baca juga: Melihat Warna Hijau Diyakini Baik untuk Mata

 

3. Apel

Apel bisa dimakan langsung atau dijus untuk meredakan batuk. Menurut beberapa penelitian, kandungan flavonoid pada apel dapat mengurangi gejala peradangan dan iritasi pada saluran napas penyebab batuk. 

 

3. Buah Berry

Buah berry, seperti strawberry dan blueberry, juga merupakan sumber vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang sangat baik, yang dapat mendukung kesehatan dan fungsi sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Selain tinggi vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, buah beri juga mengandung antioksidan yang disebut antosianin. Antosianin adalah zat yang memberi warna pada buah-buahan tertentu, seperti warna merah pada stroberi dan warna biru pada blueberry. Kandungan antosianin membuat buah beri baik dikonsumsi saat sakit dan batuk, karena memiliki efek antiinflamasi, antivirus dan antibakteri serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

 

4. Tomat

Kandungan vitamin dan mineral tomat yang tinggi membuat buah ini menjadi obat pereda batuk yang sangat baik. Tomat dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru pada perokok. Buah ini dapat meningkatkan fungsi pernapasan dan memperkuat daya tahan tubuh terhadap infeksi penyebab batuk. Akan lebih baik jika makan tomat juga dibarengi dengan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. 

 

5. Nanas

Buah untuk pereda batuk berikutnya adalah nanas yang banyak mengandung bromelain. Bromelain memiliki sifat antiradang dan  bersifat mukolitik, artinya dapat memecah dan mengeluarkan lendir dari dalam tubuh. Beberapa orang dapat meminum jus nanas setiap hari untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menekan batuk. Namun, kandungan bromelain pada jus tersebut mungkin tidak cukup untuk meredakan gejala. Jika demikian, Anda dapat mencoba suplemen bromelain yang mungkin lebih efektif dalam mengurangi batuk. 

 

6. Jambu Biji

Jambu biji banyak mengandung vitamin C dan zat besi. Keduanya merupakan nutrisi yang dapat mencegah dan meredakan batuk serta melawan infeksi. Sebuah penelitian menemukan bahwa jus jambu biji segar dan rebusan daun jambu biji dapat membantu meredakan batuk dan pilek. Ini karena jambu biji dapat mengurangi lendir di tenggorokan dan membunuh virus atau bakteri penyebab batuk di saluran pernapasan.

 

7. Manggis

Manggis merupakan salah satu buah yang bisa digunakan untuk meredakan batuk karena memiliki sifat antiradang. Buah ini juga memiliki kandungan alfamangostin yang mampu menghambat aktivitas produksi histamin yang menyebabkan batuk.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Mudah Lelah




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp