Inilah 7 Tips Memulai Bisnis Makanan Ringan

By. Aditya Reyhan Y W - 17 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Makanan ringan atau snack adalah makanan yang disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Hal ini membuat bisnis repacking snack memiliki potensi pasar yang cukup besar. Berikut ini 7 tips memulai bisnis makanan ringan.

Baca juga: Inilah 5 Cara Membangun Produk Branding Bisnis Online

1. Mengamati Pasar

Hal utama yang perlu dilakukan untuk memulai suatu usaha adalah melakukan pengamatan pasar untuk mengetahui informasi tentang pasar. Hal ini berlaku juga pada bisnis makanan ringan. Mengamati makanan ringan apa saja yang disukai oleh pasar dan ada berapa banyak makanan ringan sejenis yang sudah ada dipasaran, setelah itu mengamati harga-harga dari makanan ringan yang sudah ada dipasar baik pasar tradisional, toko, warung, maupun swalayan.

2. Memutuskan Makanan Ringan yang akan Dijual

Ada berbagai macam jenis makanan ringan yan ada dipasaran tetapi sebelum memulai berjualan, anda harus terlebih dahulu memutuskan jenis makanan ringan apa yang akan dijual.

3. Membuat branding yang mudah diingat

Membuat branding bukanlah hal yang mudah mengingat banyak beredar produk yang sejenis dipasaran, akan tetapi jangan takut mencoba untuk membuat branding karena segala sesuatu membutuhkan proses termasuk dalam bisnis. Membuat branding yang mudah diingat diperlukan untuk promosi produk saat pertama kali mengenalkan produk.

Baca juga: Memulai Bisnis Kuliner Street Food, Apa Saja Tipsnya?

4. Membuat kemasan yang berkualitas dan menarik

Kemasan sangat mempengaruhi minat beli konsumen sehingga membuat kemasan produk yang menarik sangat diperlukan. Kualitas kemasan juga harus dipertimbangkan karena kualitas kemasan produk berkaitan dengan keamanan pangan produk tersebut. Apabila produk memiliki kemasan yang menarik dan berkualitas maka produk juga akan dianggap memiliki level yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk sejenis.

5. Mencari supplier tetap

Supplier tetap sangat dibutuhkan dalam memulai bisnis makanan ringan. Menemukan supplier yang tetap tidaklah mudah, sebagai pebisnis harus memiliki mental yang kuat.

6. Memperbanyak jenis produk

Memperbanyak jenis produk dapat dilakukan agar dapat mengetahui dengan pasti produk apa saja yang diminati pasaran. Selain mengkreasikan kemasan, pebisnis makanan ringan juga dapat berkreasi dengan rasa dari produk.

7. Berjualan online

Sosial media merupakan lapak online untuk menciptakan kesempatan berbisnis apapun yang diinginkan termasuk berbisnis makanan ringan.

Itu tadi beberapa tips memulai bisnis makanan ringan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila terdapat kritik dan saran yang ingin disampaikan silakan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbisnis Peternakan dan Pertanian




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp