Inilah Keutamaan Membaca Shalawat Nabi Muhammad SAW

By. Aditya Reyhan Y W - 17 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Agama Islam memberikan peluang ibadah dalam setiap hal yang umatnya lakukan, termasuk dalam melantunkan shalawat. Shalawat atas Nabi atau Rasulullah menjadi setiap iringan dalam hembusan nafas yang kita lakukan. Dengan mengucapkannya atau cukup membacanya di dalam hati, kita dapat meraih banyak keutamaan.

Baca Juga: Ini Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

Keutamaan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah salah satu bentuk ibadah yang agung dan memiliki berbagai manfaat dan kebaikan. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca shalawat yang terdapat dalam hadits-hadits Rasulullah SAW:

1. Didoakan oleh Malaikat

Ketika kita bershalawat kepada Nabi, jutaan malaikat juga mendoakan kita. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa setiap satu shalawat dari seseorang akan diimbangi dengan sepuluh doa baginya, dan setiap satu salam baginya akan dibalas dengan sepuluh salam.

2. Mengundang Karunia dan Nikmat dari Allah

Shalawat merupakan doa dan permohonan kepada Allah, dan dengan membacanya, kita mengundang datangnya karunia dan nikmat dari Sang Pemberi Nikmat.

3. Mendapatkan Kebanggaan dari Nabi

Rasulullah SAW merasa senang ketika kita bershalawat untuknya. Beliau pernah menyatakan bahwa beliau membanggakan kita di hadapan umat-umat lainnya.

4. Lebih Dekat kepada Allah

Allah SWT pernah berfirman kepada Nabi Musa AS bahwa jika kita ingin Allah lebih dekat daripada segala yang ada, maka perbanyaklah membacakan shalawat untuk Nabi Muhammad SAW.

5. Pahala dan Kebaikan Besar

Membaca shalawat atas Nabi dapat mengangkat derajat kita di hadapan Allah. Allah akan menghapus kesalahan dan dosa kita, serta mengangkat derajat kita sepuluh kali lipat.

Baca Juga: Etika Memberi Salam dalam Islam, Apa Saja?

6. Mendapat Syafaat pada Hari Kiamat

Rasulullah SAW menyatakan bahwa orang yang banyak bershalawat kepadanya akan lebih utama dan akan mendapat syafaat di hari kiamat.

7. Mendatangkan Ketenangan dan Keberkahan

Shalawat menjanjikan keberkahan dan kesuksesan dengan pahala yang melimpah. Ia juga membawa ketenangan dan kesucian hati.

8. Mendekatkan Diri kepada Allah

Dengan shalawat, seseorang bisa mencapai kerelaan Allah yang Maha Pengasih.

9. Penghargaan dari Nabi

Orang yang banyak membaca shalawat akan mendapatkan penghargaan terbesar dari Nabi. Nabi akan hadir disisinya saat ia menghadapi sakaratul maut.

10. Memenuhi Hajat dan Mendapatkan Istana di Surga

Shalawat memiliki manfaat khusus dalam setiap pembacaannya. Beberapa shalawat dapat menolak bencana dan memenuhi hajat yang mendesak. Ada juga yang memberikan istri yang banyak dan istana-istana di surga.

Kesempurnaan kedudukan Nabi Muhammad SAW membuatnya patut untuk kita cintai, selalu menyebut namanya, dan bershalawat untuknya. Semoga dengan membaca shalawat ini, kita dapat mendekatkan diri kepada Rasulullah SAW dan, yang lebih penting, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan keutamaan membaca shalawat ini, semoga hidup kita diberkahi dan mendapat manfaat yang melimpah. Aamiin.

Baca Juga: Inilah Doa Salat Tahajud, Teks Arab latin, dan Artinya




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp