Mengenal Tentang Ikan Pari

By. Aditya Reyhan Y W - 20 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Ikan Pari merupakan jenis ikan bertulang rawan yang masih berkerabat dengan ikan hiu. Ikan pari dapat dengan mudah dikenali dari bentuk tubuhnya yang pipih seperti piringan, mulutnya yang terletak dibagian bawa tubuhnya dan memiliki 5 bukaan insang. Bagian tubuh lainnya yang menjadi ciri adalah sirip dadanya yang melebar disepanjang tubuhnya seperti sayap. Mereka biasanya memiliki ekor yang panjang dan ramping, dan dibeberapa spesies ada yang memiliki tambahan duri tajam yang beracun. Sengatan ikan pari ini cukup menyakitkan dan dapat menimbulkan luka serius.

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan yang Sering ada di Aquascape


Sebagian besar ikan pari merupakan hewan laut yang dapat ditemukan di seluruh lautan. Beberapa diantara mereka merupakan hewan yang bergerak lambat dan tinggal di dasar perairan. Kebanyakan dari mereka menyukai tinggal diperairan dengan suhu sedang seperti diwilayah tropis dan subtropis, meskipun ada beberapa jenis yang tinggal di perairan dingin. Spesies seperti Pari Manta hidup di laut terbuka dan beberapa lainnya bahkan ada yang hidup di air tawar. Pari Manta merupakan jenis ikan pari yang memakan plankton dan hewan kecil lainnya, sedangkan jenis pari yang lain biasanya memangsa ikan, invertebrate laut, bahkan sering juga ditemukan memakan kerang-kerang budidaya. Banyak spesies dari ikan pari yang memang sudah berevolusi memiliki gigi yang bulat dan kuat untuk menghancurkan cangkang mangsa mereka seperti kerang-kerangan dan krustasea.

Baca juga: Ingin Makan Ikan Buntal? Harus Perhatikan Hal-Hal Ini!


Ikan pari bereproduksi dengan cara melakukan pembuahan internal, dimana sperma dari jantan akan bertemu dengan sel telur betina didalam indung telur. Pembuahan internal ikan pari dapat terjadi karena mereka memiliki organ repoduksi yang bernama clasper. Proses pembuahan secara internal ini juga dapat memberi beberapa keuntungan seperti terlindunginya telur dari kemungkinan termakan predator. Beberapa jenis pari merupakan hewan ovipar atau hewan yang bertelur, sedangkan lainnya merupakan hewan ovovivipar. Ovovivipar berarti embrio dalam telur berkembang didalam indung telur induknya dan ketika sudah siap dikeluar maka sang induk terlihat seperti melahirkan anakannya. Ikan pari memiliki waktu kehamilan yang cukup lama dan hanya akan menghasilkan beberapa anakan saja.

Baca juga: Ketahui 7 Fakta Menarik Tentang Ikan Teri




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp