Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata? Simak Yuk!

By. Aditya Reyhan Y W - 21 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Segala sesuatu yang digunakan secara terus menerus dan berulang pasti akan merasa lelah termasuk mata. Kondisi mata yang mudah berair, pedih, penglihatan kabur bisa jadi pertanda kamu mengalami eye strain yang merupakan kumpulan gejala gangguan mata. Gangguan ini paling sering dirasakan oleh pekerja yang sehari-harinya berhadapan dengan layar komputer. Untuk menjaga kondisi mata yang merupakan bagian penting dari tubuh kita dan membuatnya tidak mudah lelah, lakukan hal-hal dibawah ini:

Baca juga: Inilah Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

1. Mengatur Jarak Pandang

Agar mata tidak mudah lelah atau sakit akibat kelamaan menatap layar, atur jarak pandang mata dan layar sekitar 60-65cm. Jarak tersebut merupakan jarak ideal, karena kalau terlalu jauh otot mata bisa tegang akibat melihat tulisan kecil. Sebaliknya, jika terlalu dekat mata akan cepat berair karena pantulan cahaya layer. Selain itu, usahakan bagian atas monitor sejajar dengan mata agar bisa mengurangi tegang pada leher.

2. Mengatur Display Setting

Setelah mengatur jarak pandang, lakukan juga pengaturan display setting seperti tingkat kecerahan layar yang sudah disesuaikan dengan cahaya di ruangan, ukuran dan jenis text yang menggunakan font simpel dan ukuran medium atau rasio kontras agar enak dilihat mata.

3. 20-20-20 Rule

Setelah manatap layar tanpa henti selama 20 menit, berhenti. Setelah itu, arahkan pandangan pada benda yang jaraknya sekitar 20 langkah dari posisi kita saat ini dan tatap benda tersebut selama 20 detik. Cara ini akan membuat matamu lebih rileks!

Baca juga: 9 Tips Menjaga Kesehatan Mental saat Bekerja

4. Eye Excersice

Membuat mata lebih nyaman dengan melakukan langkah berikut ini: Mengatur posisi jari telunjuk sekitar 15cm dari mata dan fokus pada jari telunjuk. Perlahan gerakan jari telunjuk makin lama semakin menjauh dari wajah dan usahakan tetap fokus. Arahkan pandangan ke objek lain selama beberapa detik kemudian kembali fokus ke jari telunjuk. Ulangi sebanyak 3 kali dan matamu akan menjadi fresh lagi.

5. Istirahat

Jika cara diatas tidak efektif dan ribet, kamu bisa mengambil istirahat sebentar untuk merilekskan matamu. Gunakan waktu istirahat untuk minum air putih atau meregangkan tubuh agar lebih rileks dan jangan menggunakan gadget.

Sekian artikel mengenai cara agar mata tidak mudah lelah. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Inilah Teknik dalam Merawat Aquascape




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp