10 Hal yang Harus Diperhatikan Pemula Ketika Fitness

By. Aditya Reyhan Y W - 21 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Ada beragam alasan orang untuk memulai fitness di pusat kebugaran, entah itu untuk membentuk tubuh yang ideal, membentuk otot ataupun berbagai alasan lainnya. Apapun alasannya setidaknya hal tersebut dapat menjadi motivasi untuk dapat hidup sehat. Bagi para pemula, tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan fitness. Apa saja yang perlu diperhatikan, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Tips Dasar Memulai Olahraga Berkuda dengan Aman

1. Jangan Mulai dengan Perut Kosong/Kekenyangan

Sebelum berolah raga, pastikan perutmu sudah terisi. Jangan makan sampai kenyang. Yang penting ada isinya. Sarapan sehat akan membantu tubuhmu memiliki tenaga yang cukup untuk berolah raga.

2. Lakukan Pemanasan

Tidak ada yang salah dengan bersemangat ketika ingin berolahraga di gym. Yang salah adalah ketika Kamu langsung mengangkat beban berat tanpa pemanasan terlebih dahulu. Perlu diingat, berolahraga tanpa pemanasan bisa menimbulkan cedera yang merugikan!

3. Sesuaikan dengan Porsi Badan

Sebelum memelaai dengan beragam alat-alat berat dan porsi yang besar, ada baiknya kamu melakukan fitnesss menggunakan alat-alat yang ringan. Lihat dulu porsi yang cocok untukmu dan otot mana yang ingin kamu bentuk. Dengan mengetahuinya sejak awal, kamu bisa menggunakan alat fitnes sebaik mungkin karena kamu tahu mana yang harus dilakukan dan dengan alat apa. Jika memang masih “asing” dengan olahraga di gym, berolahragalah di gym sebanyak 1-2 hari dalam seminggu. Jika merasa tubuh sudah siap untuk keluar dari “zona nyaman”, barulah tambah “porsi” latihan.

4. Jangan Fokus ke Satu Alat

Sebab, berolahraga di gym membuatmu lebih leluasa dalam memilih alat olahraga apa yang diinginkan. Setiap alat olahraga di gym memiliki fokus gerakan yang berbeda-beda. Misalnya, Kamu ingin cardio, cobalah treadmill. Jika Kamu ingin memperbesar otot lengan, angkatlah barbel yang sudah tersedia dengan berbagai beratnya.

5. Jangan Terburu-Buru, Semuanya Butuh Proses!

Tips gym untuk pemula yang satu ini seringkali dilupakan. Alih-alih ingin mencapai body goals dan memperbesar otot, Kamu malah memaksa diri untuk mengikuti gerakan ekstrem seperti teman gym lainnya. Ingat, setiap orang punya batasannya masing-masing. Mulailah secara bertahap, dengan mengangkat barbel yang lebih ringan terlebih dahulu, untuk membiasakan badan dengan “kondisi” gym.

6. Jangan Malu Bertanya

Memiliki teman di gym adalah salah satu keuntungan yang tidak bisa didapatkan ketika kamu hanya berolahraga di rumah. Mungkin saja, teman-teman gym kamu sudah lebih paham dengan berbagai macam gerakan yang bisa membantu Kamu mencapai body goals. Maka dari itu, jangan malu bertanya pada mereka dan mintalah mereka untuk mengoreksi ketika Kamu melakukan gerakan yang salah.

Baca juga: Memiliki Hobi Memberikan Pengaruh Positif dalam Hidup

7. Tahu Kapan Harus Istirahat

Lakukanlah olahraga dengan kekuatan terbaik Kamu, bukan terbaik versi orang lain. Maka dari itu, ketika Kamu merasa tubuh sudah mulai kelelahan, beristirahatlah. Jangan malah memaksakan diri.

8. Menjaga Hidrasi Tubuh

Selalu bawa atau belilah air putih kemasan ketika berolahraga di gym. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, performa Kamu di gym akan terjaga, sehingga tujuan nge-gym pun akan tercapai.

9. Perhatikan Pola Makan

Tanpa pola makan yang baik, performa olahraga Kamu di gym tidak akan maksimal. Tips gym untuk pemula ini sangat penting bagi Kamu yang ingin rutin berolahraga di gym.

10. Lakukan Pendinginan

Pendinginan setelah sesi olahraga sama pentingnya dengan pemanasan. Jadi, jangan sampai kamu melewatkannya, ya. Ini adalah kesempatan bagus untuk mencoba dan melepas lelah serta melemaskan beberapa area kaku yang baru saja diperjuangkan untuk dilonggarkan.

Baca juga: 7 Obat Asam Urat Mampu Mengurangi Gejala




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp