Ini Dia 5 Hal Seseorang Beranjak Dewasa, Simak!

By. Aditya Reyhan Y W - 22 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Individu dapat dikatakan dewasa tidak bergantung pada usianya. Ada yang masih muda tapi sudah terlihat dewasa, ada juga yang sudah tua tapi masih terlihat kekanak-kanakan. Di Indonesia, salah satu yang menandakan kedewasaan adalah dengan memiliki KTP. Dengan memiliki KTP berarti kamu sudah mampu untuk memutuskan pilihan sendiri dan bertanggung jawab atas pilihan tersebut. Secara psikologis, transisi seorang remaja menjadi dewasa ada pada rentang usia 18-25 tahun. Pada usia ini, umumnya seseorang akan menjelajahi dan memikirkan jalan karir, berusaha memahami apa yang diinginkan atau gaya hidup seperti apa yang ingin diterapkan. Menurut Psikolog Jeffrey Arnett, terdapat lima hal yang menandakan seseorang beranjak dewasa yaitu:

Baca juga: Ketahui Bahaya Kesepian bagi Kesehatan Mental!

1. Pencarian Identitas, terutama dalam asmara dan pekerjaan. Kamu akan mulai memahami dan mengetahui apa yang ingin kamu bangun dan kamu kejar.

2. Tidak Stabil. Masa peralihan dari remaja menuju dewasa merupakan puncak masa seseorang berpindah tempat tinggal, pada suatu waktu juga terdapat ketidakstabilan dalam asmara, hubungan pertemanan, pekerjaan dan pendidikan.

3. Fokus diri. Seseorang yang mulai beranjak dewasa, tidak akan begitu peduli dengan orang lain dan akan fokus pada diri mereka sendiri sehingga hanya sedikit yang mempertimbangkan kewajiban sosial maupun mempertimbangkan tugas dan komitmen kepada orang lain sehingga mereka akan lebih mengutamakan kemandirian dalam hidup mereka.

4. Kebingungan. Kamu merasa sedang berada ‘di tengah-tengah’ atau diantara sesuat. Kamu merasa dirimu bukanlah remaja lagi, namun juga belum menjadi orang dewasa sepenuhnya.

5. Mencari Peluang. Usia dengan segala kemungkinan dan kamu merasa ingin mengambil kesempatan dalam menentukan jalan hidupmu sendiri.

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Kepribadian Plegmatis

Untuk membantu seseorang melewati transisi dari masa remaja menjadi dewasa, berikan mereka kesempatan untuk mencoba dan berkontribusi dalam banyak hal. Berikan mereka umpan balik yang jujur dan berkualitas yang dapat menjadikannya lebih baik lagi. Tantang mereka untuk dapat lebih kompeten dalam hal yang dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu membangun hubungan yang positif dan sehat. Itu dia 5 tanda kamu sudah beranjak dewasa. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Kepribadian Ambivert




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp