Ini Dia 7 Langkah Cara Mencegah Hipertensi

By. Aditya Reyhan Y W - 23 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Hai sobat webplus! Kalian tahu hipertensi? hipertensi dikenal sebagai tekanan darah tinggi, merupakan kondisi medis di mana tekanan darah dalam arteri terus-menerus tinggi. Tekanan darah diukur dengan dua angka: tekanan sistolik (angka atas) dan tekanan diastolik (angka bawah). Hipertensi dapat memiliki dampak serius pada kesehatan jika tidak diobati dengan baik dan dapat meningkatkan risiko penyakit serius atau masalah kesehatan lainnya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah hipertensi atau darah tinggi:

Baca juga: Inilah Resep Jus Seledri Membantu Menurunkan Kolesterol

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein rendah lemak, serta mengurangi konsumsi garam, lemak jenuh, dan kolesterol. Hal tersebut dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.

2. Mengelola Berat Badan

Menjaga berat badan yang sehat atau menurunkan berat dapat membantu mengurangi risiko hipertensi. Hal ini dapat dicapai dengan kombinasi pola makan sehat dan rutin berolahraga.

3. Aktivitas Fisik Teratur

Lakukan aktivitas fisik secara teratur setidaknya 150 menit per minggu. Pilihan aktivitas fisik dapat mencakup berjalan cepat, berlari, bersepeda, berenang, atau jenis olahraga lainnya yang disukai. Aktivitas fisik dapat membantu memperkuat jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengendalikan berat badan.

4. Batasi Konsumsi Garam

Mengurangi konsumsi garam dalam makanan dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Hindari makanan yang tinggi garam, seperti makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan kalengan. Perhatikan juga label nutrisi pada kemasan produk makanan untuk memantau kandungan garamnya.

Baca juga: 10 Cara untuk Mengatasi Burnout

5. Hindari Merokok

Rokok dapat meningkatkan risiko hipertensi dan komplikasi serius lainnya seperti penyakit jantung. Jika kamu merokok, berhenti merokok dan hindari paparan asap rokok pasif.

6. Kelola Stress

Stres yang kronis dapat berdampak negatif pada tekanan darah. Temukan cara yang efektif untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, olahraga, atau kegiatan yang memberikan relaksasi dan ketenangan.

7. Pantau Tekanan Darah Secara Teratur

Mengukur tekanan darah secara rutin dapat membantu mengetahui apakah tekanan darahmu berada dalam kisaran normal atau terlalu tinggi. Konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan tentang bagaimana dan seberapa sering kamu harus memeriksa tekanan darah.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang sesuai berdasarkan kondisi kesehatan dan kebutuhanmu. Mereka dapat memberikan panduan dan rekomendasi yang spesifik sesuai dengan situasimu. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 8 Manfaat dari Daun Pepaya untuk Kesehatan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp