Ini Dia 5 Tips Memulai Usaha Kerajinan Tangan

By. Aditya Reyhan Y W - 24 Nov 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Hai sobat WebPlus! Ada yang mau punya usaha kerajinan tangan? Usaha handycraft atau kerajinan tangan merupakan bentuk usaha yang selalu dimulai dari hobi dan kreatifitas. Bentuk usaha ini memang masuk dalam sektor UMKM dan selalu berkembang naik dan turun dan mengikuti perkembangan pasar yang ada.

Bagi yang mau memulai sebuah usaha kerajinan tangan ini ada beberapa tips yang bisa dicoba berikut ini:

Baca juga: Inilah 7 Tips Memulai Bisnis Makanan Ringan

1. Tentukan Target Pasar

Produk usaha handicraft atau kerajinan tangan ini memiliki pasarnya masing-masing. Setiap kerajinan yang dibuat tidak serta merta mempunyai pasar yang luas, dan karenanya menentukan target pasar yang ingin kita capai sangat penting.

Dengan mengenali target pasar, Anda bisa menentukan kualitas standar yang akan diterapkan pada produk kreatif Anda.

2. Keuangan dan Pengelolaan Harus Baik

Pengelolaan keuangan yang efektif akan melancarkan perkembangan usaha handicraft atau kerajinan tangan yang sedang Anda jalani. Pastikan Anda sudah Menggunakan software akuntansi pembukuan untuk memudahkan pengelolaan keuangan Anda seperti Jurnal.

3. Buat dari Bahan Baku Terbaik

Survey dan pastikan dimana Anda bisa mendapatkan suplai bahan baku. Untuk pembuatan produk Anda dengan kualitas yang sesuai harapan dan jumlah sesuai target.

Baca juga: Penyebab Bisnis Kamu Sepi Pembeli

4. Cari Tenaga Kerja Berkompeten

Anda juga harus memperhitungkan berapa jumlah tenaga kerja dan berapa jam kerja serta biaya yang dikeluarkan untuk menggaji. Karena masalah tenaga kerja berhubungan langsung dengan masalah persiapan, metode produksi serta masalah keuangan.

5. Gunakan Strategi Pemasaran

Siapkan strategi pemasaran yang optimal sebelum Anda benar-benar memasuki rumah produksi secara berlanjut. Anda perlu memastikan produk yang dibuat sudah siap tertampung pasar ketimbang stok barang hanya menumpuk di gudang dan mematikan aliran kas dalam usaha Anda.

Itu dia lima tips bagi yang mau memulai usaha kerajinan tangan.

Baca juga: Inilah Tips Memaksimalkan Keuntungan Bisnis Restoran




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp