Ini Dia 5 Tips Memilih Franchise Sebagai Bisnis Kamu

By. Aditya Reyhan Y W - 04 Dec 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Hai sobat WebPlus! Ada yang ingin bisnis franchise? Franchise atau waralaba merupakan model bisnis di mana pemilik bisnis (pemberi waralaba/franchisor) memberikan hak untuk menggunakan merek, sistem operasi, dan dukungan bisnis yang sukses kepada pihak lain. Sebagai imbalannya, pihak lain membayar kepada pemilik waralaba sejumlah biaya awal dan royalti atas hasilnya.

Baca juga: Inilah 5 Cara Membangun Produk Branding Bisnis Online

Keuntungan bisnis franchise antara lain:

  1. Merek yang sudah dikenal: Bisnis franchise sudah memiliki merek yang dikenal oleh masyarakat, sehingga dapat mempercepat proses pemasaran.

  2. Sistem operasional yang terbukti berhasil: Bisnis franchise memiliki sistem operasional yang telah terbukti berhasil, sehingga meminimalkan risiko kegagalan dalam bisnis.

  3. Dukungan bisnis: Franchisor memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan, bimbingan, dan pengembangan produk dan jasa baru.

  4. Keuntungan ekonomi: Franchisee memperoleh keuntungan ekonomi dari skala besar yang dihasilkan dari jaringan bisnis yang telah ada.

Beberapa tips dalam memilih bisnis franchise antara lain:

Baca juga: 7 Tantangan Utama dalam Menjalankan Bisnis Coffee Shop

  1. Pilihlah bisnis franchise yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

  2. Lakukan riset pasar dan analisis potensi pasar di lokasi yang akan Anda buka usaha franchise.

  3. Pelajari baik-baik kontrak franchise dan pastikan bahwa persyaratan dan kewajiban dalam kontrak tersebut dapat dipenuhi.

  4. Periksa rekam jejak franchisor, termasuk reputasi, pengalaman, dan kinerjanya.

  5. Tanyakan kepada franchisee yang sudah bergabung sebelumnya mengenai pengalaman mereka dalam menjalankan bisnis franchise.

Baca juga: Memulai Bisnis Kuliner Street Food, Apa Saja Tipsnya?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp