Ini Dia 4 Tips Memulai Bisnis Thrift, Simak yuk!

By. Aditya Reyhan Y W - 04 Dec 2023

Bagikan:

 img

webplus.id - Barang thrift banyak digemari banyak orang karena kualitasnya bagus dan harganya murah. Keunikan thrift juga menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat thrift.

Beberapa tips untuk memulai bisnis barang thrift, diantaranya:

Baca juga: Inilah 7 Tips Memulai Bisnis Kosmetik Organik

 1. Menentukan Produk Terlebih Dahulu

Tentukan produk yang ingin Anda jual. Dengan menjual berbagai macam produk antara lain pakaian, tas, buku, topi, dan jam tangan. Saat ini barang thrift sangat digemari. Dalam hal pakaian, ada juga berbagai model dan pilihan gaya yang perlu Anda putuskan saat  memilih produk ini. 

Dengan mengidentifikasi produk thrift secara jelas, Anda dapat lebih mudah menentukan target pasar, strategi periklanan, dan konsep bisnis Anda. Misalnya, konsep bisnis tentu akan berbeda ketika menyediakan pakaian vintage dan produk  fashion Korea bekas.

2. Memilih Supplier yang Tepat

Menemukan supplier untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan Anda. Pedagang pakaian vintage biasanya menjual barang yang dikemas dalam tas besar. Anda bisa memilih supplier yang tepat dengan memperhatikan harga yang ditawarkan, kualitas dan jumlah produk yang diterima.

3. Memperhatikan Kebersihan Barang

Selain kualitas barang yang diterima dalam keadaan baik, kebersihan barang juga harus diperhatikan. Misalnya, jika Anda menjual pakaian bekas, Anda harus mencuci dan menyetrika atau mencuci produk tersebut terlebih dahulu sebelum menjualnya. 

Produk bekas yang berkualitas tinggi dan bersih pasti akan memuaskan pelanggan. Hal ini memudahkan pengorganisasian produk Anda dengan nyaman dan jelas, mulai dari penyimpanan hingga fotografi produk. Pakaian yang bersih dan terawat membuat foto produk menjadi lebih menarik.

Baca juga: Ini Dia 5 Strategi Diskon untuk Menarik Minat Pembeli

4. Memasarkan Produk di Berbagai Platform

Menawarkan produk di berbagai platform online. Anda dapat menggunakan berbagai platform seperti Instagram, Facebook, TikTok, Marketplace, dll. Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan platform online pilihan Anda.

Saat membuat konten, pastikan untuk memberikan informasi produk yang lengkap. Mulai dari nama  merek, ukuran, kondisi fisik (jika ada cacat), dan harga produk. Barang bekas biasanya hanya memiliki satu variasi, sehingga Anda dapat menyatakan barang tersebut "terjual" setelah  terjual. Anda juga dapat menentukan hashtag tertentu untuk postingan produk yang masih tersedia dan melampirkannya ke profil akun Anda agar mudah ditemukan.

Itulah beberapa tips untuk memulai bisnis thrift, siapa tahu kalian tertarik dan ingin mencoba.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Kejujuran Penting dalam Bisnis




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp