Kelebihan Produk Kemasan Pouch

By. Syaiful Wahyu - 04 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Kemasan Pouch adalah kemasan fleksibel berbentuk pouch atau kantong yang digunakan untuk mengemas produk pangan siap saji (Meal Ready to Eat). Kemasan tersebut dibuat dari laminasi aluminium foil dan polimer, tahan terhadap proses sterilisasi sehingga cocok untuk mengemas produk. Pengemasan pouch telah banyak digunakan pada produk sterilisasi untuk menggantikan kaleng atau kaca. Pengemasan mengunakan kaleng atau kaca harganya relative lebih mahal, sehingga menyebabkan harga produk yang dikemas dengan pengemas tersebut menjadi tidak kompetitif.

Manufaktur dari retort food, dibuat mengunakan peralatan untuk mencakup produk, filling, sealing machines dan retort ekuitment. Penyiapan kemasan pouches bisa dalam bentuk fabricated ataupun pouches diisi dan dibentuk dalam mesin dari stock filem. Basic material yang digunakan untuk produk ini harus merupakan packaging material yang heat resistance.

Suatu produk yang biasa dikemes menggunakan pouch tipe standing pouches yang biasanya menggunakan alumunium foil dengan empat lapis laminasi. Standing pouches yang tidak mengunakan aluminium foil, mengunakan polyester filem untuk lapisan luar guna memperbaiki posisi self standingnya. Wadah semi rigid menggunakan aluminium foil dilaminasi dengan polypropylene dan menggunakan epoxy resin sebagai lapisan pelindung. Adapun lidnya yang komposisinya sama dengan wadahnya. Lid ini harus dibuat easy-open.

Baca juga : 7 Jenis dan Simbol Plastik

Keunggulan retort pouch yang menyebabkan produsen memilih kemasan pouch dalam mengemas produknya adalah :

1. Lebih ringan sehingga bisa menghemat tenaga

2. Lebih fleksibel akibatnya tidak mudah penyok terkena benturan

3. Lebih tipis sehingga lebih mudah dibawa dalam membawa. Bentuknya yang tipis juga memberi keuntungan lain dalam proses sterilisasinya. Pada pabrik, kantong-pouch diisi dengan produk, di heat seal lalu dipanaskan-retort untuk sterilisasi.

4. Lebih sedikit waktu yang diperlukan untuk memanaskan isinya hingga mencapai kondisi steril dan lebih efisien dalam mempertahankan kandungan gizi, warna dan citarasa.

5. Secara keseluruhan produk yang menggunakan retort pouch mutunya lebih baik, lebih enak, warna dan teksturnya lebih baik jika dibandingkan dengan kemasan kaleng atau glass.

6. Lebih praktis dalam penyajian.

7. Penyimpanannya juga biaya produksi jauh lebih murah.

Baca juga : Macam-macam Bahan Kemasan

Produk dengan kemasan retort pouch mempunyai banyak kelebihan dan keuntungan terutama bagi konsumen dari suatu produk tersebut, dikarenakan kemasan retort pouch mempunyai kelebihan yang lebih dibandingkan kemasan kaleng dalam hal sterilisasi makanan, kandungan gizi, warna, dan citarasa yang diakibatkan dari kecepatan proses pemanasan sterilisasi suatu produk. Kenggulan tersebut selain di akibatkan dari kesepatan proses pemanasan sterilisasi produk dalam kemasan yaitu diakibatkan karena material yang digunakan dalam membuat kemasan retort pouch tersebut.

Penting sekali dalam mengetahui jenis, cara, metode dan material dalam suatu kemasan produk terutama untuk produk yang siap saji seperti halnya produk, kecap, saos, dan lain sebagainya, selain bahan baku kan kualitas dari isi produk sendiri, pengemasan sangat berpengaruh dalam menjaga suatu manfaat bagi tubuh konsumen yang mengkonsumsinya.

Dengan pentingnya informasi ini maka perlu sekali kita bersama-sama untuk share, like dan komen artikel ini guna untuk pengetahuan kita bersama.

Baca juga : 5 Klasifikasi Memilih Kemasan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp