Kelebihan Bahan Kemasan Aluminium Foil

By. Syaiful Wahyu - 04 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Aluminium foil merupakan jenis material yang bisa diolah menjadi beragam jenis plastik kemasan untuk berbagai produk. Dipasaran ada banyak produk yang dikemas dengan kemasan aluminium. Yang paling sering kita temui mungkin adalah jenis kemasan aluminium foil didalam bentuk kaleng, namun sebenarnya bahan aluminium juga bisa diolah menjadi jenis plastik kemasan fleksibel.

Baca juga :Macam-macam Bahan Kemasan

Ketika dicetak ke dalam kemasan fleksibel, jenis kemasan aluminium foil biasanya akan banyak digunakan oleh produsen yang memiliki produk bubuk. Di luar dari produsen yang memproduksi kemasan bubuk, sebenarnya ada berbagai macam produk lain yang juga bisa dikemas dengan menggunakan kemasan fleksibel berbahan aluminium.

Kemasan yang memiliki bahan aluminium dikenal dengan warna silver. Tapi, warna silver pada sebuah kemasan fleksibel tidak hanya dimiliki oleh aluminium karena kemasan metalized juga memiliki warna yang serupa dengan aluminium. Dikarenakan warnanya yang serupa, kedua jenis kemasan ini kerap diartikan sama sebenarnya kedua kemasan ini memiliki hal yang berbeda.

Aluminium pada kemasan fleksibel bisa dikenali dengan mudah dari warna silver yang tidak begitu mengkilap dan menyilaukan mata. Mengenalinya melalui warna silver yang ada, menjadi cara paling mudah untuk mengenali kemasan fleksibel aluminium dari jenis metalized.

Hal lain yang perlu diketahui adalah terkait dengan lapisan pada kemasan fleksibel yang menggunakan bahan aluminium foil pasti memiliki lapisan lain. Pada umumnya kemasan fleksibel yang menggunakan material aluminium akan terdiri dari lapisan PP, Aluminium, dan Polyster.

Baca juga : 7 Jenis dan Simbol Plastik

Material tersebut menjadi hal yang saling berkaitan satu sama lain dan menciptakan kemasan fleksibel yang unggul untuk menjaga produk dari berbagai macam ancaman yang bisa merusak kualitas isi produk. Karena dilapisi banyak bahan plastik lain, keunggulan yang ada di kemasan aluminium juga bisa lebih maksimal.

Aluminium juga menjadi kemasan yang tidak berbau, dan tidak menghantarkan bahan kimia berbahaya. Selain itu, bahan ini juga tidak membuat pertumbuhan bakteri dan jamur pada produk yang dikemas.

Perlu sekali pengetahuan perbedaan alumunium foil dan metalized filem yang sangat mirip dalam bentuk fisiknya tetapi mempunyai perbedaan yang siknifikan dalam pengapiasianya, serta dapat diketahui fungsi alumunium foil dalam pengemasan suatu produk sangat bermanfaat dan sangat banyak kelebihan terutama dalam menjaga produk yang dikemas.

Dengan hal tersebut perlu kita bersama-sama untuk sebarkan artikel ini dan jangan lupa like, share dan komen serta kami tunggu kritik dan saran artikel-artikelnya.

Baca juga :Kelebihan Produk Kemasan Pouch




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp