Ingin Memasak Nasi Merah yang Pulen, Begini Caranya !

By. Hanief - 09 Jan 2024

Bagikan:

 img

webplus.id - Beras merah adalah beras yang baik untuk kesehatan terutama bagi penderita diabetes. Namun ketika memasak beras merah, nasi yang dihasilkan seringkali hambar, kurang menggugah selera keras sehingga mengurangi kenikmatan ketika menyantapnya. Oleh karena itu kali ini kami akan berbagi tip untuk memasak beras merah agar pulen. Simak baik-baik ya !

 

Baca juga : 8 Kuliner Khas Sukoharjo yang Lezat dan Bikin Nagih

 

1. Cuci Beras 2-3 Kali Bilasan Saja

Sebelum memasak beras merah, kita harus membersihkan beras merah dengan air bersih. Cara membersihkannya sama dengan membersihkan beras putih yang kita konsumsi sehari- hari. Membersihkan beras merah cukup 2 sampai 3 kali bilasan saja agar vitamin yang terkandung dalam beras merah tidak ikut larut bersama dengan air. Membilas terlalu banyak dapat menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya.

 

2. Gunakan Air Lebih Banyak

Karena beras merah punya tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan beras putih, air yang digunakan untuk memasaknya pun harus lebih banyak. Tambahkan air dengan perbandingan 3:1 yang artinya 3 gelas takar air untuk 1 gelas takar beras.

 

Baca juga : Cara Mudah Membuat Teh Jahe yang Cocok Untuk Musim Hujan

 

3. Campurkan dengan Beras Putih

Pencampurannya dapat disesuaikan dengan selera kamu, apakah ingin porsi beras merah lebih banyak ataupun sebaliknya. Sobat juga dapat melewati tahap ini jika menginginkan nasi yang dihasilkan nasi merah seutuhnya.

 

4. Rendam Beras Sebelum Dimasak

Agar nasi pulen dan tidak keras, rendam beras merah terlebih dahulu sebelum dimasak. Rendam beras merah selama kira-kira 30 menit dengan air mineral atau air matang. Tekstur beras yang keras akan menjadi lebih lunak dengan proses perendaman ini. Bagaimana dengan menggunakan beras putih? Beras putih bisa direndam dengan wadah yang bersamaan dan dicampur.

 

Baca juga : 4 Tips Cara Membuka Usaha Kuliner Rice Bowl

 

5. Tambahkan Garam

Sejumlah orang lebih menyukai rasa beras merah yang cenderung gurih dan asin. Nah, tentunya ini bisa dengan menambahkan garam dalam rendaman beras merah, lho. Takaran garam yang ditambahkan adalah setengah sendok teh garam. Jangan menambahkan garam terlalu banyak agar rasanya tidak terlalu asin.

 

6. Masak dengan Rice Cooker

Siapkan rice cooker untuk cara memasak beras merah sebagai tahapan selanjutnya. Setelah direndam dan dilumuri garam, masak beras merah dengan rice cooker. Tunggu hingga matang sebelum masuk ke langkah selanjutnya. Biasanya, membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk beras matang. Agak lebih lama pematangannya dibandingkan beras putih yang hanya sekitar 30 menitan.

 

7. Penyajian

Setelah matang jangan langsung disajikan, diamkan sejenak nasi yang matang. Apabila sobat lupa/belum menambahkan garam, sobat dapat menambahka garam pada tahap ini kemudian diaduk hingga merata.

 

Nah itu tadi tips agar nasi merah kamu empuk dan pulen. Semoga bermanfaat dan ikuti terus informasi terupdate dari kami.

 

Baca juga : 7 Resep Jajanan Pasar yang Lezat dan Autentik




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp